Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPRD Jateng Dorong Tingkatkan Profesionalitas Guru

DPRD Provinsi Jawa Tengah mendorong, para guru agar meningkatkan profesionalitas serta terbuka dengan perkembangan zaman, mengingat tantangan guru begitu berat.
Ilustrasi seorang guru di tengah muridnya/Antara
Ilustrasi seorang guru di tengah muridnya/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah mendorong, para guru agar meningkatkan profesionalitas serta terbuka dengan perkembangan zaman, mengingat tantangan guru begitu berat. 

Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi mengatakan, tantangan pendidik saat ini cukup berat karena dituntut menyesuaikan perkembangan zaman. Pasalnya, para guru harus menyesuaikan perkembangan teknologi terkini.

"Karena, di era sekarang ini tidak bisa dibatasi sehingga guru dituntut lebih profesional dan mengikuti perkembangan zaman," kata Rukma Selasa (27/11/2018).

Rukma menambahkan, peran media sosial sangat besar, yang mampu mempengaruhi anak didik. Untuk itu, pendidik harus mampu memahami persoalan yang ada di media sosial agar dapat memilah pantas atau tidak bagi anak didiknya.

"Dunia digital itu sangat kompleks sehingga dibutuhkan kemampuan untuk memahami konten yang ada di media sosial. Dengan begitu, para pendidik tetap menanamkan budi pekerti di tengah derasnya iklim milenial saat ini," jelasnya.

Dia juga menyinggung mengenai kesejahteraan tenaga pendidik yang tidak seimbang dengan pengabdiannya. Menurutnya, sudah semestinya pemerintah memperhatikan persoalan tersebut.

"Oleh karena itu, kesejahteraan guru tidak tetap (GTT) akan ditingkatkan sesuai dengan UMK di masing-masing daerah. Kalau kesejahteraan terangkat, maka semangat mengajar juga akan tumbuh sehingga semakin profesional," terangnya.

Di sisi lain, keseriusan Pemprov Jateng dalam memajukan dunia pendidikan terbukti dengan dana yang digelontorkan sebesar 20% dari total anggaran. Menurutnya, hal ini yang bisa dijadikan contoh kepada Provinsi lain untuk membenahi mutu pendidikan.

Sementara itu, Sekretaris PGRI Jateng Maryanto menambahkan, sampai sekarang diakuinya masih ada guru yang memang belum profesional secara formal. Dengan era sekarang, kata dia sudah seharusnya ada peningkatan kualitas guru, tidak hanya di tingkat provinsi tapi juga kabupaten maupun kota.

"Di Jateng itu sudah banyak upaya peningkatan kualitas guru menjadi lebih profesional. Untuk itu, guru-guru harus terus dibekali agar dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas pula," ujar Maryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper