Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Magelang Rebut Indeks Daya Saing Daerah Tingkat Jateng

Pemerintah Kota Magelang meraih juara pertama kategori utama anugerah indeks daya saing daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah.
Jalan Pemuda, Magelang/googlemaps-streetview
Jalan Pemuda, Magelang/googlemaps-streetview

Bisnis.com, MAGELANG--Pemerintah Kota Magelang meraih juara pertama kategori utama anugerah indeks daya saing daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kota Magelang berhak menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah berupa piala dan piagam yang disampaikan oleh Dirjen Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti Muhammad Dimyati pada International Conference Sutainable Rural and Regional Development di Magelang, Selasa.

Juara kedua kategori utama anugerah indeks daya saing daerah diduduki Kota Semarang dan juara ketiga diraih Kabupaten Wonogiri, tulis Antara.

Kemudian penghargaan untuk kategori ekosistem inovasi diraih Kabupaten Sragen, kategori sumber daya manusia diraih Kabupaten Rembang, kategori "enabling environment" Kabupaten Rembang, dan kategori pasar diraih Kabupaten Pekalongan.

Selain itu juga diberikan penghargaan bagi favorit pertama Kota Pekalongan, favorit kedua Kota Surakarta, dan favorit ketiga Kabupaten Pati. Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan 10 kepala daerah mendapat penghargaan tersebut, mereka sudah dinilai selama setahun tentang indeks daya saing daerah.

"Bagaiamana kepala-kepala daerah itu membuat daerahnya punya daya saing, kita ada penghargaan tiga besar yang daya saingnya terbaik dari semua komponen," katanya.

Kemudian ada beberapa yang berdasarkan kriteria, apakah ekosistem inovasinya, ekonominya, pasarnya, "enabling environment", dan ada beberapa kriteria untuk meraih penghargaan itu.

"Mereka yang masuk nominasi kita hargai tujuannya agar semua berlomba membuat kebijakan yang memunculkan daya saingnya, karena pada dasarnya setiap daerah itu punya daya saing," katanya.

Ia menuturkan daya saing pasti akan menarik perhatian investasi, menarik perhatian para pihak untuk bisa masuk ke daerah itu, apakah pariwisatanya, ekonomi UMKMnya, penciptaan perizinannya.

"Hal itu akan membuat mereka berlomba dalam kebijakan, hal ini akan kita dorong terus setiap kabupaten/kota itu membuat kebijakan-kebijakan yang meningkatkan daya saing. Daya saing itu kita hargai hari dengan memberikan penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler