Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang KA di Daop IV Semarang Periode Nataru Diprediksi Naik 4,8%

PT KAI Daop IV Semarang memprediksi kenaikan penumpang pada libur hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018 mencapai 4,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Pemeriksaan armada kereta menjelang libur Natal dan Tahun Baru./Bisnis-Alif Nazzala R.
Pemeriksaan armada kereta menjelang libur Natal dan Tahun Baru./Bisnis-Alif Nazzala R.

Bisnis.com, SEMARANG – PT KAI Daop IV Semarang memprediksi kenaikan penumpang pada libur hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018 mencapai 4,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun, penumpang yang akan naik di wilayah Daop IV Semarang diprediksi mencapai 394.000 orang pada 2018. Sementara untuk tahun 2017 jumlah penumpang hanya 370.000 orang.

Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang Suprapto mengatakan selama 18 hari akan ada 26.000 orang penumpang pada saat angkutan Nataru. Dia memaparkan, untuk tujuan kereta didominasi ke Jakarta dan Surabaya.

"Kami memprediksi kenaikan penumpang sampai 4,8% selama sama angkutan Nataru. Sedangkan Jakarta dan Surabaya masih jadi primadona penumpang kereta dari Semarang," kata Suprapto Rabu (19/12/2018).

Suprapto menjelaskan, untuk tiket saat libur Nataru sudah banyak diburu penumpang. Bahkan, saat hari raya Natal dan perayaan tahun baru tiket sudah terjual sampai 95%.

Sementara itu, untuk menyukseskan angkutan Nataru dari tanggal 20 Desember 2018 sampai dengan 6 Januari 2019, 4.500 personil pegawai PT KAI Daop IV Semarang siap diterjunkan guna melayani para pengguna jasa kereta api di 44 stasiun di wilayah operasinya, yang terbentang dari Tegal - Semarang - Cepu - Gundih.

"4.500 personil baik yang berasal dari pihak internal KAI Daop IV Semarang, maupun dari tenaga perbantuan pihak eksternal seperti TNI, Polri, Pramuka, Dishub hingga komunitas pecinta kereta api secara bekerja sama sebagai sebuah team, dan sesuai dengan tukpoksinya akan melayani para pengguna jasa layanan kereta api dengan sebaik-baiknya ," ujarnya.

Adapun, selama masa Nataru PT KAI Daop IV Semarang mengoperasikan total 82 perjalanan KA penumpang dengan total kapasitas tempat duduk yang tersedia berjumlah 44.348 tempat duduk setiap harinya.

Tempat duduk tersebut terdiri dari KA Lokal sebanyak 9.912 tempat duduk, KA jarak jauh/menengah yang pemberangkatan awal dari PT KAI Daop IV Semarang (reguler + tambahan) sebanyak 5.598 tempat duduk, serta KA jarak jauh/menengah yang melintas di wilayah Daop IV Semarang (reguler + tambahan) sebanyak 28.838 tempat duduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper