Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kendal Surplus Produksi Jagung Akibat Kesesuaian Musim

Ketersediaan jagung untuk pakan ternak di Kendal pada 2018 lalu berlebih alias surplus 62.375 ton.
Petani mengupas kulit jagung menjelang panen di Desa Polagan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Saiful Bahri
Petani mengupas kulit jagung menjelang panen di Desa Polagan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Saiful Bahri

Bisnis.com, SEMARANG – Ketersediaan jagung untuk pakan ternak di Kendal pada 2018 lalu berlebih alias surplus 62.375 ton.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Rogojati mengatakan, kelebihan produksi jagung di Kendal untuk tahun 2018 akibat musim mendukung.

"Waktu musim kemarau dan musim hujan terjadi sesuai prakiraan," kata Pandu, Rabu (9/1/2018).

Dia menurutkan awal terjadinya hujan diprediksi akan terjadi pada minggu ketiga bulan November, kenyataannya awal hujan benar-benar terjadi pada minggu ketiga bulan November tahun ini. Alhasil petani bisa memprediksi waktu tanam dan waktu panen sesuai dengan hitungan-hitungannya juga.

Kebutuhan jagung pakan ternak di Kendal 121.332 ton dalam satu tahun dan produksi 183.707 ton.

Wilayah sentra ternak di Kendal terpusat di Kendal bagian atas yaitu di wilayah Kecamatan Patean, Sukorejo, Limbangan, Boja dan sebagainya, hanya sebagian kecil berada di wilayah bawah.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, jumlah peternak keseluruhan ada 670 peternak. Sedangkan jumlah ternaknya terdiri dari 6 juta ekor ayam pedaging, 670.000 ayam petelur dan 12.000 ekor burung merpati.

Pandu Rapriat Rogojati menuturkan meski data di atas kertas produksi jagung berlebih, ada sebagian peternak terkendala mendapatkan pakan jagung. Kondisi tersebut harusnya disiasati dengan membeli banyak jagung pada panen raya, sehingga harga lebih murah.

"Dengan demikian peternak tidak akan mengalami kendala, karena naik turunnya produksi jagung masih sangat tergantung cuaca dan musim, oleh sebab itu ada musim melimpah dan juga ada musim produksi alami penurunan," terang Pandu.

Menurutnya ketersediaan jagung juga bisa berkurang akibat petani menjual ke pengepul besar dan selanjutnya didistribusikan keluar daerah. Hal inilah yang perlu menjadi perhatian bersama baik oleh peternak maupun instansi terkait.

Adapula pola kemitraan dengan pengepul kecil di desa-desa. Petani menerima bantuan modal, bisa berwujud bantuan benih atau pupuk, dan wajib menjual ke pengepul. Kemudian pengepul kecil terikat kontrak dengan pengepul besar dan pengepul besar terikat kontrak dengan pabrikan besar.

"Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab, berkurangnya ketersediaan jagung di daerah sendiri. Oleh karenanya, sekali lagi perlunya para peternak memiliki manajemen agar stok pakan ternak selalu tersedia untuk ternaknya," paparnya.

Pandu menuturkan problem rantai niaga ini sudah dikoordinasikan dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper