PTPN IX Gandeng Jeera Foundation Pasok 1 Juta Sachet Kopi Per Bulan

PT Perkebunan Nusantara IX menialin kerjasama distribusi pemasaran produk hilir dengan Jeera Foundation.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 22 Februari 2019  |  21:01 WIB
PTPN IX Gandeng Jeera Foundation Pasok 1 Juta Sachet Kopi Per Bulan
Penandatanganan Oleh Tonny Partono selaku Co-founder and Strategic Program Development Jeera Foundation dan Rudi Harjito - Direktur Komersil PTPN IX - Alif Rizki

Bisnis.com, SEMARANG - PT Perkebunan Nusantara IX menialin kerjasama distribusi pemasaran produk hilir dengan Jeera Foundation. 

Jeera foundation merupakan wadah pengembangan bagi warga binaan lembaga pemasyarakatan seluruh indonesia dengan memberikan mereka ketrampllan dan daya saing melalui program-program yg dijalankan.

Adapun, tahap awal Jeera foundation dan PTPN IX akan bekerja sama sebagai supplier kebutuhan kopi di Iembaga pemasyarakatan seluruh indonesia dengan kontrak awal minimal 1 juta sachet per bulan.

Direktur operasional Tanaman Tahunan PTPN IX Mahmudi mengatakan, kerjasama ini dirasa sangat positif karena bisa memasok langsung kopi untuk dikembangkan oleh warga binaan di setiap lembaga pemasyarakatan yang ada di Indonesia.

"Kami melakukan kerjasama dengan Jeera Foindation menyediakan 1 juta sachet kopi perbulan. Mudah-mudahan nanti Bulan April program ini dapat terlaksana," kata Mahmudi Jumat (22/2/2019).

Sementara itu, Co-founder and Strategic Program Development Jeera Foundation Tony Partono menuturkan, setelah adanya kopi dari PTPN IX, nantinya warga binaan akan dilatih menjadi barista handal. Sehingga, kerjasama ini dirasa sangat positif dalam mengembangkan potensi warga binaan.

"Nanti kopi dari PTPN IX akan dibuat latihan warga binaan jadi barista. Kami berharap, agar kemampuan barista yang nanti dimiliki oleh warga binaan dapat bermanfaat setelah mereka keluar nanti," ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini baru Jeera Foundation sudah mengembangkan program ini di Rutan Cipinang dan Kota Tua Jakarta. Untuk selanjutnya, pihaknya juga akan membuat program serupa di beberapa kota besar yakni Semarang, Solo, Surabaya, Palembang, Medan dan di Pulau Bali.

"Pelatihan semacam ini akan kami lakukan di seluruh Indonesia. Untuk tahun ini kami akan membangun di beberapa kota utama saja," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ptpn ix, produksi kopi

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top