Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiket Kereta Api Lokal Bisa Dibeli Lewat KAI Access

Sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, mulai hari Jumat tanggal 1 Maret 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi KAI Access pada smartphone.
Calon penumpang melakukan transaksi pembelian tiket melalui mesin e-Kios di Stasiun Kereta Api Madiun, Jawa Timur/Antara
Calon penumpang melakukan transaksi pembelian tiket melalui mesin e-Kios di Stasiun Kereta Api Madiun, Jawa Timur/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, mulai hari Jumat tanggal 1 Maret 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi KAI Access pada smartphone. 

Adapun, aplikasi KAI Access merupakan aplikasi resmi milik PT KAI (Persero) yang dapat diunduh melalui Play Store untuk pengguna Android, maupun Apple Store untuk pengguna iOS.

Sebelumnya untuk pemesanan atau pembelian tiket KA Lokal hanya bisa dilayani di loket stasiun saja. Namun sekarang, bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access.

Manager Humasda PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan, untuk mendapatkan layanan ini, pengguna harus menginstall atau mengupdate Aplikasi KAI Accessnya terlebih dahulu menjadi versi terbaru. Pembelian tiket KA Lokal melalui KAI Access dilakukan pada menu Local Train. 

Dia menambahkan,  untuk periode pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini tetap mengikuti aturan yang berlaku sesuai masing-masing KA, yaitu ada KA yang bisa dipesan H-30 (30 hari sebelum keberangkatan), H-7 (tujuh hari sebelum keberangkatan) dan ada pula yang hanya bisa dipesan pada Hari H (Go Show). 

Dia menjelaskan, pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini berlaku 1 (satu) identitas penumpang hanya untuk 1 (satu) relasi/rute KA pada hari yang sama. 

Nantinya, penumpang yang membeli tiket KA Lokal di KAI Access, cukup menunjukkan Kartu Identitas asli sesuai nama pada tiket dan E-Boarding Pass saat melakukan boarding untuk naik KA. Tiket KA Lokal yang dibeli di KAI Access hanya dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya melalui loket stasiun.

“KAI melihat bahwa animo masyarakat sangat tinggi terhadap moda transportasi KA Lokal. Sebelumnya, penumpang masih harus mengantre panjang hanya untuk membeli tiket KA Lokal. Kini, calon penumpang semakin mudah untuk memesan tiket KA lokal hanya dengan melalui smartphone mereka di mana saja dan kapan saja,” kata Krisbiyantoro Senin (4/3/2019).

Sebagai informasi, dalam pembelian tiket KA Lokal di KAI Access ini metode pembayaran menggunakan LinkAja. LinkAja merupakan aplikasi pembayaran digital karya dari Sinergi BUMN. Mulai 1 Maret 2019, LinkAja dapat digunakan sebagi metode pembayaran untuk berbagai layanan KAI mulai dari KA Lokal, KA Jarak Jauh, dan KRL Commuter Line. 

Penumpang cukup menginstal aplikasi LinkAja di smartphone Android dan iOS, lalu melakukan registrasi dan top up saldo, kemudian dapat langsung melakukan transaksi.

Krisbiyantoro mengatakan, PT KAI menilai hadirnya alternatif metode pembayaran untuk berbagai layanan KAI menggunakan LinkAja juga akan mempermudah calon penumpang. 

“Sinergi BUMN melalui LinkAja ini penting untuk memajukan bangsa, dimana sesama BUMN saling bersatu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya

Berikut adalah Daftar KA Lokal di wilayah Daop 4 Semarang yang dapat dibeli pada aplikasi KAI Access mulai 1 Maret 2019 :

1. KA Kedung Sepur, rute Semarang Poncol-Ngrombo dengan Pemesanan H-7

2. KA Kalijaga, rute Semarang Poncol-Solo Balapan dengan Pemesanan H-30.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler