Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uniknya Batik, Roti Bekatul, dan Kopi Posong di Galeri UKM Jateng

Galeri UMKM Jateng yang ada di Bandara Ahmad Yani Semarang menawarkan sejumlah produk menarik.
Roti bekatul khas Jawa Tengah di Galeri UMKM di kawasan Bandara Ahmad Yani./Bisnis-Alif Nazzala R.
Roti bekatul khas Jawa Tengah di Galeri UMKM di kawasan Bandara Ahmad Yani./Bisnis-Alif Nazzala R.

Bisnis.com, SEMARANG – Galeri UKM Jateng yang ada di Bandara Ahmad Yani Semarang menawarkan sejumlah produk menarik. Bahkan, ketika memasuki galeri pengunjung akan disuguhi keindahan pernak-pernik dan buah tangan khas Jawa.

Memasuki Galeri UKM Jateng pengunjung akan melihat roti bekatul. Kuliner unik ini tentunya paling menarik perhatian para penumpang pesawat yang mengunjungi Galeri UKM Jateng.

Bekatul merupakan bagian terluar dari bulir beras yang terbungkus sekam. Selain serat, kandungan gizi bekatul adalah vitamin B1, pati, mineral, dan protein.

Berbeda dengan terigu, menurut sang pembuat bekatul susah susah gampang untuk diolah menjadi roti. Takarannya harus pas, sebab bila tidak, rasanya tak akan enak.

Uniknya Batik, Roti Bekatul, dan Kopi Posong di Galeri UKM Jateng

Nika Mustikayani salah satu pramuniaga di Galeri UKM Jateng mengatakan roti ini asli Pedurungan Semarang. Dia menjelaskan roti tersebut menggunakan fruktosa atau zat pemanis buah.

Selain itu, kata Nika, roti ini menggunakan minyak kelapa dan madu dalam pembuatannya untuk menggantikan margarin. Dia memastikan jika roti bekatul itu sehat dan aman dikonsumsi.

"Roti bekatul sangat aman dikonsumsi. Pengunjung hanya membayar Rp10.500 untuk bisa menikmati gurih dan lezatnya roti asli Semarang tersebut," katanya Kamis (7/3/2019).

Bergeser ke sudut sebelah kiri, pengunjung Galeri UMKM Jateng akan menemukan batik dengan berbagai macam motif dan ukuran serta warna-warni kain yang terang tentunya menarik perhatian.

Uniknya Batik, Roti Bekatul, dan Kopi Posong di Galeri UKM Jateng

Biru kuning, coklat, dan beberapa kain batik aneka warna dan motif tertata rapi di salah satu sudut ruangan. Beberapa ditata berjejer digantung beberapa lainnya disusun secara rapi.

Pada sudut lain, kain-kain batik disusun dari atas ke bawah. Motif-motif unik khas batik Jawa Tengah seolah menarik perhatian siapapun yang memasuki salah satu sudut galeri.

Nuansa semakin lengkap dengan suasana khas Jawa yang begitu terasa. Pintu dengan beberapa ukiran tampak serasi dengan batik yang berjejer dan siap untuk dibeli.

"Ya disini banyak sekali pengunjung yang tertarik melihat-lihat dan membeli batik khas daerah seperti, Pekalongan, Solo, Kudus, dan Jepara," katanya.

Bergeser ke sebelah kanan ada kopi Posong yang sangat khas tertata rapi.

Kopi Tlahap atau yang dikenal dengan Kopi Posong yaitu nama sebuah tempat wisata di wilayah Tlahap menjadi lebih populer lagi setelah film Filosofi Kopi mengambil latar lokasi syuting di area perkebunan kopi desa ini.

Kopi kelas dunia, Temanggung sebuah kabupaten yang terletak di tengah-tengah pulau Jawa. Daerah ini terkenal mempunyai tanah yang subur. Terdapat tiga gunung yang masih menjadi wilayahnya yaitu Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau.

Kualitas kopi Temanggung sendiri sekarang sudah mulai dikenal dunia. Pada tahun 2016 kopi Temanggung mendapat apresiasi yang bagus di ajang Speciality Coffee Association of America.

Demi menjaga kualitas kopi, mulai pemetikan biji kopi sudah harus diperhatikan. Menurutnya, kopi yang bagus adalah kopi yang dipetik merah dengan kata lain kopi yang di petik adalah kopi yang sudah masak dan masaknya adalah masak pohon.

"Di sini cukup banyak orang yang membeli kopi posong, karena mereka tau citarasa kopi sangat nikmat dan tentunya dengan harga yang terjangkau," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper