Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

New Avanza Prospektif di Pasar Jateng

Sambutan konsumen di Jawa Tengah sangat bagus terhadap model baru kendaraan kecil serbaguna tersebut.
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, SEMARANG—PT Toyota Astra Motor mengungkapkan pasokan kendaraan bermotor mobil serbaguna kecil New Avanza akan dinaikkan, namun besarannya tidak akan melebihi 10.000 unit per bulan setelah menaikan jumlah produksinya.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, menuturkan minat masyarakat untuk membeli New Avanza sangat tinggi, dan perusahaan mengusahakan untuk terus menambah pasokan guna memenuhi kebutuhan tersebut.

“Enggak akan sampai 10.000 [per bulan]. Rasanya merek lain juga tidak sampai angka itu,” kata Soerjo kepada Bisnis, belum lama ini.  

Dia mengatakan, penjualan ke dealer atau wholesales Avanza secara maksimal pernah mencapai 21.000 unit pada 2019

Adapun, lanjutnya total penjualan ke dealer New Avanza pada Januari—Februari 2019 mencapai 11.268 unit dengan perincian 5.568 unit pada Januari 2019 dan 5.700 unit pada bulan kedua tahun ini.

Total surat pemesanan kendaraan (SPK) yang telah diraih untuk low multipurpose vehicle (LMPV) New Avanza dari Januari sampai Februari tahun ini sebanyak 18.300 unit.

Sementara di Jawa Tengah, rata-rata penjualan perusahaan per bulan berada pada kisaran 700-800 unit dengan outstanding mencapai 900 unit.

Dia menjelaskan, pasar Jawa Tengah terhadap kendaraan LMPV Avanza prospektif.

Menurutnya, sambutan konsumen di Jawa Tengah sangat bagus terhadap model baru kendaraan kecil serbaguna tersebut.

Saat ini kontribusi penjualan wilayah Jawa Tengah terhadap penjualan nasional cukup besar, yakni berada pada kisaran 7,2%—7,5%. “[Pasar Avanza di Jawa Tengah] Prospektif. Sejak diperkenalkan, Avanza baru mendapatkan sambutan luar biasa - sama seperti di beberapa kota besar lainnya,” katanya.

Selain model baru, program penjualan yang diberikan kepada konsumen juga membuat penjualan LMPV Avanza menjadi bagus. Program-program tersebut seperti trade in atau tukar tambah, kredit murah, dan program-program lainnya.

Jawa Tengah secara keseluruhan, Soerjo mengatakan, merupakan pasar yang bagus untuk penjualan kendaraan bermotor mobil, salah satunya adalah karena tingginya pembangunan infrastruktur seperti tol Trans-Jawa.

Menurutnya, infrasruktur jalan yang semakin bagus akan membuat penjualan kendaraan bermotor mobil semakin banyak mengingat kemacetan akan berkurang.

Tidak hanya itu, infrastruktur seperti tol Trans-Jawa yang terbangun juga menjadikan waktu tempuh semakin pendek sehingga orang membeli kendaraan pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper