Pasok Bahan Pokok di Jateng Aman Jelang Ramadan

Kementerian Perdagangan menyatakan secara umum ketersediaan pasokan bahan pokok di Jawa Tengah untuk puasa dan lebaran tahun ini aman, dan pihaknya terus melakukan koordinasi untuk memastikan pasokan, harga, dan distribusi berjalan lancar.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 24 April 2019  |  19:50 WIB
Pasok Bahan Pokok di Jateng Aman Jelang Ramadan
Aktivitas pedagang dan konsumen di pasar tradisional - ANTARA/Irwansyah Putra

Bisnis.com, SEMARANG—Kementerian Perdagangan menyatakan secara umum ketersediaan pasokan bahan pokok di Jawa Tengah untuk puasa dan lebaran tahun ini aman, dan pihaknya terus melakukan koordinasi untuk memastikan pasokan, harga, dan distribusi berjalan lancar.
 
“Secara umum kami bisa sampaikan, kami bersyukur aman. Aman dalam artian stok, aman dalam harga. Kemudian kalau ada harga yang naik-turun akibat cuaca, itu masih dalam batas pemakluman,” kata Staf Khusus Bidang Hubungan Antarlembaga Kemendag Eva Yuliana di Semarang, Rabu (24/4/2019).
 
Dia menjelaskan, dirinya mendapatkan gambaran bahwa kondisi bahan pokok di masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah baik, begitu juga dengan pasokan dan harganya yang terjangkau.

Tidak hanya itu, dia juga mengungkapkan terdapat daerah di Jawa Tengah yang memiliki produk seperti bawang merah kelebihan pasokan memiliki komunikasi yang baik dengan daerah lain yang bukan merupakan daerah produksi bawang merah.

Dia menuturkan, pihaknya akan lebih memperhatikan pola distribusi bahan-bahan pokok agar lebih rapih dari yang ada saat ini. Dia tidak menginginkan pola distribusi bahan-bahan pokok menjadi tidak efisien dan efektif.

Oleh karena itu, lanjutnya akan ada kordinasi yang lebih intens untuk membuat distribusi yang lebih efektif dan efisien dengan melibatkan semua pihak.

"Pola distribusi akan dikordinasikan lebih rapih lagi. Kita berharap antara kita semua, baik kami pemerintah pusat, pemprov, kabupaten/kota, semuanya, kita membuat satu grup koordinasi. Kita akan lebih intens untuk melakukan kordinasi distribusi," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo mengungkapkan, sejauh ini pihaknya siap menghadapi ramadhan dan hari raya lebaran jika melihat ketersediaan atau stok bahan pokok di Jawa Tengah.

"Jadi memang kalau ketersidaan atau stok bahan pokok di Jawa tengah sampai hari ini aman, dan sampai dengan ramadhan, lebaran, dari ketersediaan on market aman. Bulog ketersediaan stok aman," katanya.

OPERASI PASAR

Arif menuturkan, komoditas yang sedang langka di Jawa Tengah adalah bawang putih impor lantaran terdapat kendala pada stok mengingat kedatangannya mengalami kendala. Kekurangan stok bawang putih impor ini, lanjutnya juga terjadi secara nasional.
 
"Tapi, belakang ini kita sudah melakukan operasi pasar mulai Senin kemarin di Semarang, Cilacap, dan Kudus. Menyusul Purwekerto, Kebumen, dan Solo. Insya Allah bisa menurunkan harga sampai dengan stok datang kembali," katanya.

Dia menambahkan, permintaan masyarakat terhadap bawang putih impor dengan kualitas baik di Jawa Tengah cukup tinggi, sehingga harganya akan mahal ketika pasokannya lebih rendah dari permintaan.

Tidak hanya itu, harga bawang putih lokal pun akan terkerek naik ketika pasokan bawang putih impor yang memiliki kualitas lebih baik lebih rendah dari permintaan mengingat ada peralihan permintaan terhadap bawang putih lokal. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jateng, Ramadan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top