Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Sejumlah Bahan Pokok di Kota Semarang Naik

Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kota Semarang mulai naik.

Bisnis.com, SEMARANG – Menjelang bulan suci Ramadhan 1440 H, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kota Semarang mulai naik dengan besaran yang bervariasi dibandingkan hari biasanya.

Pantauan di Pasar Karangayu Semarang Rabu (1/5/2019), harga daging ayam tercatat naik Rp2.000 per kilogram menjadi Rp35.000 - Rp36.000 per kilogram. Harga cabai rawit naik menjadi Rp24.000 per kilogram dari Rp20.000 per kilogram.

Harga bawang putih yang sebelumnya turun Rp50.000 per kilogram, naik kembali menjadi Rp60.000 per kilogram.

Pedagang di Pasar Karangayu, Yati (60) mengatakan, tidak tahu pasti penyebab kenaikan bawang putih tersebut. Padahal menurutnya stok bawang putih justru melimpah namun harganya justru naik.

"Kalau bawang putih kan stok banyak, tapi masih mahal. Tidak tahu bisa naik," ujar Yati saat ditemui di sela-sela melayani sejumlah pembeli yang ada.

Dikatakan, pembeli yang datang pun akhirnya mengurangi jumlah pembelian bahan dibandingkan biasanya. Hal itu membuat pendapatannya mengalami penurunan.

"Pembeli sepi kalau naik. Mudah-mudahan harga bisa stabil, tidak naik turun terus menerus," ucapnya.

Penjual Daging Ayam, Kamsiyah mengemukakan, kenaikan harga daging ayam yang terjadi merupakan hal biasa menjelang Ramadhan.

Menurutnya, meski stok melimpah pun harga akan tetap naik karena permintaan masyarakat tinggi. "Biasa kalau mau puasa seperti ini. Nanti juga naik lagi pas mau lebaran dan setelah lebaran," katanya.

Salah seorang pembeli daging ayam, Hartono mengatakan, meski terjadi kenaikan harga ia tetap membeli daging ayam tersebut karena sudah menjadi kebutuhan utama.

"Tetap beli, mahal ya wajar. Ini kan mau puasa, yang beli juga tetap ada," ujarnya.

Sementara itu, pedagang daging sapi Makyem menyebutkan, jika tidak ada kenaikan harga yang terjadi pada daging sapi. Saat ini harganya masih wajar yakni Rp100.000 - Rp110.000 per kilogramnya.

"Ini daging sapi biasa-biasa saja. Belum naik masih normal. Nanti saat sudah puasa naik ya tidak tahu. Namun biasanya naik," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper