Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KA Bandara Yogyakarta Beroperasi, Ini Besaran Harga Tiketnya

Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport mulai beroperasi Senin (6/5) berbarengan dengan operasional bandara di Kulon Progo tersebut.
Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport.
Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport.

Bisnis.com, KULON PROGO - Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport mulai beroperasi Senin (6/5) berbarengan dengan operasional bandara di Kulon Progo tersebut.

EVP PT KAI Daop 6 Eko Purwanto mengatakan KA Bandara sudah disiapkan baik dari sisi sarana maupun prasarana. Titik awal pemberangkatan KA Bandara berasal dari Stasiun Maguwo dan akan berhenti di Stasiun Tugu, Wates, dan terakhir di Wojo.

"Hari ini, tanggal 6 ada penerbangan Citilink. Kami mengikuti jadwal penerbangan itu," ujar dia kepada wartawan, Senin (6/5/2019).

Eko menjelaskan KA Bandara dioperasionalkan dengan satu trainset. Ada empat gerbong dalam satu rangkaian tersebut seperti Solo Ekspres. KA Bandara ini merupakan KA dedicated khusus untuk penumpang pesawat. Namun, karena berhenti juga di Wates, tidak menutup kemungkinan penumpang reguler bisa memanfaatkan KA tersebut.

Adapun waktu tempuh dari Maguwo hingga Wojo sekitar 45 menit, sedangkan dari Tugu ke Wojo sekitar 30 menit. "Warga bisa memakai KA ini asal mau membayar sesuai tarif KA Bandara yaitu Rp30.000. Tetapi, saat ini masih promo diskon 50 persen," jelas dia.

Eko menjelaskan KA Bandara memiliki kapasitas 196 tempat duduk. Ada juga kapasitas untuk penumpang berdiri sebanyak 50% dari kapasitas tempat duduk. KA ini memang didesain untuk KA Bandara sehingga ada tempat koper.

KA Bandara akan tiba di Stasiun Wojo 1,5 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

"KA Bandara akan datang dan berangkat dari peron satu di Stasiun Tugu. Ada ruang tunggu khusus di setiap stasiun berhenti. Di dalam ruang tunggu ada tempat duduk, AC, toilet, dan TV untuk menampilkan jadwal penerbangan," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper