Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bawang Putih di Jateng Berangsur Turun

Terus tersedianya bawang putih kating membuat harga komoditas tersebut mengalami penurunan di Semarang. Per hari ini, harga bawang putih kating bersih berada pada kisaran Rp40.000-Rp42.000 per kilogram di Pasar Johar, Semarang.
Bawang putih./JIBI
Bawang putih./JIBI

Bisnis.com, SEMARANG—Terus tersedianya bawang putih kating membuat harga komoditas tersebut mengalami penurunan di Semarang. Per hari ini, harga bawang putih kating bersih berada pada kisaran Rp40.000-Rp42.000 per kilogram di Pasar Johar, Semarang.

Kepala Pasar Johar, Semarang, Haris Budi mengungkapkan sejak Senin membuka gudang hingga saat ini pasar Johar masih melayani pembeli bawang putih kating. 

Menurutnya, operasi pasar bawang putih di pasar Johar telah dilakukan sejak 25 April 2019.

“Per hari ini tadi di Johar [harga bawang putih kating] di kisaran Rp40.000 – Rp42.000 eceran bersih,” kata Haris kepada Bisnis, Jumat (10/5/2019).

Dia menjelaskan, telah terdapat operasi pasar sejak 25 April 2019. Pada saat itu, lanjutnya jumlah bawang putih kating yang digelontorkan sebanyak 25 ton. Kemudian, operasi pasar yang kedua mencapai total 15 ton dengan jenis kating dan sin chung.

Adapun terkait dengan operasi pasar bawang putih yang berlangsung sejak Senin hingga saat ini, dia menuturkan jumlah pasti volumenya belum dapat diketahui. “Yang ini kating semua, cuma tonasenya belum tahu,” katanya.

Sementara berdasarkan sistem informasi harga dan produk komoditi Jawa Tengah yang dilihat Bisnis, harga bawang putih jenis kating per kilogram (Kg) di beberapa kabupaten/kota menunjukkan tren penurunan jika dilihat dari 6 Mei 2019 sampai 10 Mei 2019.

Di Kabupaten Banyumas, sebagai contoh, harga bawang putih kating mengalami penurunan dari Rp62.000/ Kg pada 6 Mei 2019 menjadi Rp50.000/Kg pada 10 Mei 2019. Tidak jauh berbeda, harga bawang putih di Pati juga turun dari Rp65.000/kg menjadi Rp55.000 per kg pada periode yang sama.

Meskipun begitu, harga bawang putih di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah dalam data sistem informasi harga dan produk komoditi Jawa Tengah belum mengalami penurunan bahkan cenderung naik.

Contoh kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Pekalongan. Bawang putih jenis kating pada 6 Mei 2019 di Kabupaten Pekalongan mencapai Rp50.000 / kg. Saat ini, harganya mencapai Rp60.000 /kg.

Sementara di Kota Semarang – masih berdasarkan sistem informasi harga dan produk komoditi Jawa Tengah – harga bawang putih jenis kating per hari ini, Jumat 10 Mei 2019 mencapai Rp44.600 per kilogram.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo, menuturkan peningkatan harga bawang putih jenis kating di beberapa kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah lantaran ada kelangkaan.

Kelangkaan pasokan tersebut, lanjutnya karena keterlambatan suplai bawang putih jenis kating dari luar negeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper