Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Konsumsi Ikan di Jateng Masih Rendah

Tingkat konsumsi ikan di Provinsi Jawa Tengah masih tergolong rendah. Adapun, tahun 2018 lalu, tingkat konsumsi ikan di provinsi ini hanya 29,19 kilogram (kg)/kapita/tahun.
Nelayan menimbang ikan hasil tangkapan/Antara-Aprillio Akbar
Nelayan menimbang ikan hasil tangkapan/Antara-Aprillio Akbar

Bisnis.com, SEMARANG - Tingkat konsumsi ikan di Provinsi Jawa Tengah masih tergolong rendah. Adapun, tahun 2018 lalu, tingkat konsumsi ikan di provinsi ini hanya 29,19 kilogram (kg)/kapita/tahun.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro menuturkan, dibanding daerah lain, tingkat konsumsi ikan masyarakat Jawa Tengah memang masih tergolong rendah. 

Dia menambahkan, di Jawa Timur misalnya, tingkat konsumsi ikan sudah mencapai 36 kg/kapita/tahun dan Nasional 51,5 kg/perkapita/tahun.

"Padahal di Jawa Tengah ini memiliki luas laut sebesar 1,640.000 hektare dengan hasil perikanan baik yang dari nelayan tangkap maupun nelayan budidaya sebanyak 956.000 ton ikan tiap tahunnya," kata Fendiawan, Rabu (15/5/2019).

Untuk meningkatkan konsumsi ikan kepada masyarakat, pihaknya telah melakukan terobosan-terobosan. Yang sudah berjalan adalah mendistribusikan ikan-ikan segar dari pantai-pantai Jawa Tengah menuju daerah pedalaman.

"Di pedalaman itu tingkat konsumsi ikan sangat rendah, hanya sekitar 22 kg pertahun. Untuk itu kami memiliki program pengiriman ikan langsung dari pantai menuju pedalaman. Yang sudah berjalan di Surakarta dengan pengirman 20 ton perbulan," tambahnya.

Selain itu, program-program sosialisasi untuk gemar makan ikan juga terus digalakkan. Ada pula program pembinaan untuk melakukan pengolahan makanan berbahan dasar ikan.

Yang terbaru, pihaknya berencana untuk membuat surat edaran kepada Taman Kanak-Kanak, Paud untuk wajib menyediakan menu ikan.

"Selain itu, sekolah-sekolah lain juga kami sarankan untuk makan ikan. Kalau instansi, kami harap dalam setiap acara selalu menyediakan menu ikan," terangnya.

Dengan berbagai cara itu, Fendiawan optimis tingkat konsumsi ikan di Jawa Tengah akan berangsur meningkat. Di tahun ini, pihaknya menargetkan tingkat konsumsi ikan menjadi 30 kg perkapita/pertahun.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong DKP untuk terus menyosialisasikan program gemar makan ikan.

Menurutnya, ikan memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan masyarakat khususnya pertumbuhan dan kecerdasan anak-anak.

"Gerakan gemar makan ikan harus digenjot. Inovasi dan kreasi harus dilakukan untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan masyarakat Jawa Tengah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler