Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MMKSI Jual 741 Unit Mobil di Jateng & DIY

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia mencatatkan penjualan ritel kendaraan bermotor mobilnya pada awal kuartal kedua tahun ini lebih rendah 37,63% dibandingkan dengan penjualan ritel pada periode yang sama tahun lalu.
Mitsubishi Xpander/BISNIS.COM
Mitsubishi Xpander/BISNIS.COM

Bisnis.com, SEMARANG—PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia mencatatkan penjualan ritel kendaraan bermotor mobilnya pada awal kuartal kedua tahun ini lebih rendah 37,63% dibandingkan dengan penjualan ritel pada periode yang sama tahun lalu.

Hendro S. Abadi, Head of Area Coordinator Central Java Section MMKSI, mengungkapkan, total penjualan ritel perusahaan di wilayah Jawa Tengah & DIY mencapai 741 unit pada April tahun ini atau lebih rendah 447 unit dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 1.188 unit.

“Penjualan April 2018, 1.188 unit. Jadi, ada penurunan 37%,” kata Hendro kepada Bisnis, Senin (20/5/2019).

Dia menjelaskan, terdapat beberapa faktor yang membuat penjualan ritel perusahaan mengalami penurunan pada awal kuartal kedua tahun ini.

Pertama, penjualan kendaraan serba guna kecil atau low multipurpose vehicle (LMPV) Xpander sudah memasuki kondisi pasar yang sebenarnya.

Kedua, kehadiran produk-produk baru dari merek lain ketika masa launching produk yang diluncurkan perusahaan sudah selesai.  Kemudian, tambahnya adalah program diskon yang masif dari merek lain juga menjadi salah satu penyebab.

Tidak hanya itu, pemilihan umum untuk memilih presiden dan anggota legislatif yang terjadi pada April 2019 juga menjadi penyebab penurunan. Sementara dampak lebaran terhadap penjualan mobil perusahaan baru akan terlihat pada Mei 2019.

“Penyebab turunnya karena sudah masuk ke real market. Istilahnya, masa launching, banyak peminat,” katanya.

Dia menambahkan, pameran yang diadakan di pusat-pusat perbelanjaan dengan test drive, dan penawaran-penawaran menarik seperti paket-paket pembiayaan untuk pembelian kredit merupakan cara-cara yang terus dilakukan perusahaan guna mendongkrak penjualan.

Menurutnya, daya beli masyarakat di pasar kendaraan Jawa Tengah & DIY pada saat ini tidak ada masalah.

Pada April tahun ini, LMPV Xpander merupakan kendaraan penumpang yang tercatat terjual paling banyak, yakni 267 unit.

Sementara kendaraan non penumpang yang mencatatkan penjualan ritel terbanyak pada April 2019 adalah L300, yakni 318 unit.

Sebelumnya, perusahaan menargetkan penjualan kendaraan bermotor mobilya pada kuartal kedua tahun ini di Jateng & DIY lebih tinggi 10% dibandingkan dengan penjualan pada kuartal pertama tahun ini.

Permintaan menjelang lebaran menjadi salah satu faktor pemicu pertumbuhan penjualan kendaraan perusahaan pada April—Juni 2019. Terlebih, pesta demokrasi yang telah berlangsung berjalan dengan lancar.

"Target pada kuartal kedua tahun ini, kami memprediksi masih ada kenaikan dibandingkan dengan kuartal pertama," kata Dessu Herdiyanto, Head of Field Marketing Region II MMKSI beberapa waktu lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper