Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Motor Jateng Catatkan Penjualan Sebanyak 43.431 Unit

Astra Motor Jateng mencatat penjualan sebanyak 43.431 unit pada April 2019 terhadap seluruh diler di Jawa Tengah.

Bisnis.com, SEMARANG — Astra Motor Jateng mencatat penjualan sebanyak 43.431 unit pada April 2019 terhadap seluruh diler di Jawa Tengah. Sementara penjualan yang dicatatkan oleh jaringan diler yang dimiliki Astra Motor sekitar 11.158 unit pada periode yang sama tahun ini.

Dika Ashari, Retail Supervisor Astra Motor Jateng, mengungkapkan, penjualan yang dimiliki oleh jaringan diler Astra Motor di Jateng membuatnya memiliki kontribusi sebesar 25,69% terhadap total penjualan Astra Motor Jateng pada bulan keempat tahun ini.

“[Jaringan diler Astra Motor di Jateng] Kontribusi pada April 25,7%,” kata Dika kepada Bisnis, Selasa (21/5/2019).

Dia menjelaskan, tingginya kontribusi penjualan jaringan diler Astra Motor di Jateng dapat terjadi lantaran perusahaan memiliki banyak jaringan. Saat ini, lanjutnya, total jaringan diler Astra Motor di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Jateng mencapai 33 diler.

Dia menambahkan, penjualan ritel jaringan diler Astra Motor di Jateng sekitar 11.158 unit pada April tahun ini mengalami pertumbuhan jika dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun lalu.

Pada periode yang sama tahun lalu, penjualan ritel jaringan diler Astra Motor di Jateng sekitar 10.819 unit, sehingga penjualan pada bulan yang sama tahun ini mengalami pertumbuhan sekitar 3,13%.

Dia menjelaskan, pertumbuhan penjualan ritel yang terjadi pada awal bulan kuartal kedua tahun ini dibandingkan dengan penjualan ritel pada periode yang sama tahun lalu lantaran beberapa faktor pendukung.

Menurutnya, kondisi ekonomi yang lebih baik menjadi salah satu faktor yang membuat penjualan ritel pada April 2019 lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan ritel April 2018.

Selain kondisi ekonomi, ujarnya, kesiapan strategi pricing angsuran dan stok ketersediaan unit pada 2019 jauh lebih siap sehingga kecepatan memenuhi pesanan konsumen bisa lebih cepat menjadi salah satu pendorong penjualan.

Dia melanjutkan, beberapa model baru yang telah dikeluarkan juga membuat penjualan pada bulan keempat tahun ini mengalami pertumbuhan.

Meskipun penjualan ritel jaringan diler Astra Motor di Jateng tercatat lebih tinggi 3,13% pada April 2019 dibandingkan dengan penjualan ritel pada periode yang sama tahun lalu, kinerja pada bulan keempat tahun ini tidak mencapai target.

Menurutnya, target penjualan ritel kendaraan roda dua yang terpasang pada April 2019 sekitar 11.400 unit. Oleh karena itu, tambahnya pencapaian penjualan ritel jaringan dealer Astra Motor di Jateng baru sekitar 97%.

Adapun terkait dengan tipe kendaraan roda dua yang memberikan kontribusi penjualan ritel cukup besar pada April tahun ini adalah kendaraan skuter matik (skutik), yakni Beat dan Vario.

Kedua model tersebut bahkan tercatat memberikan kontribusi di atas 70% terhadap penjualan ritel pada awal bulan kuartal kedua tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper