Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Cek Kesiapan Mudik di Jalur Tengah dan Selatan Jateng

Gubernur Ganjar Pranowo melakukan pengecekan di sejumlah jalur tengah hingga selatan Jawa Tengah . Titik awal yang dicek Ganjar adalah pengerjaan pelebaran jalan di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau Proyek Pelebaran Jalan ruas jalan Semarang-Jambu, Kabupaten Semarang, Kamis (23/5/2019)/Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau Proyek Pelebaran Jalan ruas jalan Semarang-Jambu, Kabupaten Semarang, Kamis (23/5/2019)/Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Ganjar Pranowo melakukan pengecekan di sejumlah jalur tengah hingga selatan Jawa Tengah . Titik awal yang dicek Ganjar adalah pengerjaan pelebaran jalan di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. 

Ganjar mengatakan setelah kemarin banyak pejabat yang mengecek jalur Pantura, sekarang giliran dirinya mengecek jalur tengah sampai selatan. Mulai dari Kabupaten Semarang, Magelang hingga Purbalingga. 

"Nanti kita akan ke Magelang berlanjut ke Purworejo terus ke selatan, di Pansela kita mau cek yang selatan sampai ke barat dan muter sampai Purwokerto," kata Ganjar, Kamis (23/5/2019).

Selepas dari Purwokerto, Ganjar juga bakal melakukan pengecekan di jalur daerah-daerah rawan bencana kemudian masuk ke Purbalingga dengan titik Bobotsari dan Karangreja.

"Di situ ada Bayeman, kita mau cek agar rambu-rambunya ditambah karena usulan masyarakat mestinya jalan itu dibuat flyover biar agak landai, karena memang di situ tajem sekali, minimal dihambatlah agar pengendara tidak ngebut," kata Ganjar. 

Untuk titik awal Ganjar mengecek pengerjaan pelebaran jalan Semarang - Magelang jalur Jambu. Pengecekan dilakukan secara bersama antara Pemprov Jateng dengan Balai Besar Jalan Nasional dan Pemkab Semarang.

Setelah tiga komponen pemerintahan tersebut turun bersama, Ganjar mengatakan segala persoalan saat mudik bisa diantisipasi dan tertangani dengan tepat. Untuk pengerjaan pelebaran jalan di Jambu, Kabupaten Semarang, Ganjar mengatakan sejauh ini progresnya sangat baik dan sesuai jadwal. 

"Hari ini ngecek bareng antara Pemprov, Pemkab Semarang dan Balai Besar Jalan Nasional. Persiapan jalur mudik ini kalau lihat progresnya bagus masih sesuai jadwal, namun jika untuk digunakan jalur mudik belum bisa. Saat ini untuk pengerjaan jalan terus," kata Ganjar. 

Ganjar mengatakan karena belum bisa digunakan untuk jalur mudik, mesti ada pengelolaan trafik serta penambahan rambu-rambu agar di titik tersebut tidak menjadi konsentrasi kemacetan. Juga, lanjut Ganjar, diperlukan penataan alat-alat berat dan optimalisasi peran Dinas Perhubungan dan Kepolisian. 

"Kita coba mengkoordinasikan agar nanti trafik manajemennya terkelola dengan baik. Kita harapkan pas di puncak mudik kita sudah tahu bayangannya, sudah sampai mana pengerjaannya, alat-alat berat ditaruh mana, perlu rambu-rambu apa dan kalau kita tahu posisi macet di mana maka kita akan bisa menaruh personel-personel kita agar bisa melancarkan," kata Ganjar. 

Untuk beberapa pengerjaan jalan, Ganjar menjelaskan saat ini memang kebanyakan menggunakan segmentasi panjang. Dengan demikian, pengerjaan pelebaran jalan jambu ditargetkan selesai pada Oktober mendatang. 

"Memang modelnya sekarang long segmen. Kalau kita mau targetkan Oktober optimalnya, tapi maksimalnya Desember. Untuk jalur ini nanti clean up saja karena belum bisa digunakan jalur mudik," kata Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler