Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Kereta Api via Semarang mulai Berkurang

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang mencatat jumlah penumpang kereta api yang turun di stasiun-stasiun Daop IV Semarang hingga H+5 mulai mengalami penurunan.
Stasiun Kereta Api Poncol, Semarang, Jateng./heritage.kereta-api.co.id
Stasiun Kereta Api Poncol, Semarang, Jateng./heritage.kereta-api.co.id

Bisnis.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang mencatat jumlah penumpang kereta api yang turun di stasiun-stasiun Daop IV Semarang hingga H+5 mulai mengalami penurunan.

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang Krisbiyantoro mengungkapkan jumlah penumpang kereta api yang turun di stasiun-stasiun Daop IV Semarang pada Selasa, 11 Juni 2019 pukul 10.00 WIB sebanyak 24.187 penumpang.

Jumlah penumpang turun tersebut, ungkapnya, lebih rendah dibandingkan dengan jumlah penumpang turun pada Senin, 10 Juni 2019, yakni 24.261 orang.

“[Jumlah penumpang kedatangan KA di stasiun-stasiun Daop IV Semarang setelah libur lebaran 2019] Mulai menurun,” kata Krisbiyantoro kepada Bisnis, Selasa (11/6/2019).   

Tidak hanya jumlah penumpang turun, jumlah penumpang naik dari stasiun-stasiun Daop IV Semarang juga tercatat terus mengalami penurunan dalam pantauan KAI pada H+5 pukul 10.00 WIB.

Jumlah penumpang naik kereta api dari stasiun-stasiun Daop IV Semarang pada H+5 lebaran tercatat sebanyak 27.924 penumpang. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan dengan penumpang naik KA keberangkatan pada H+4 yang mencapai 27.985 orang.

Saat ini, jumlah stasiun-stasiun yang masuk dalam wilayah Daop IV Semarang mencapai sebanyak 22 stasiun.

Di antara 22 stasiun tersebut, Stasiun Semarang Poncol dan Stasiun Semarang Tawang merupakan stasiun yang menjadi tempat turun dan naik penumpang KA terbanyak di Daop IV Semarang.

Pada H+5, jumlah penumpang naik dan turun di stasiun Semarang Poncol masing-masing sebanyak 6.385 orang dan 8.920 orang.

Sementara penumpang naik dan turun di Stasiun Semarang Tawang mencapai masing-masing 6.807 orang dan 6.167 orang.

Selain kedua stasiun tersebut, stasiun lainnya di Daop IV Semarang yang tercatat banyak menurunkan dan menaikan penumpang adalah Stasiun Tegal, Pekalongan, dan Cepu.

VP Public Relations PT KAI Edy Kuwswoyo, mengungkapkan jumlah penumpang kereta api secara kumulatif sejak H-10 sampai dengan H+4 lebaran mengalami peningkatan sekitar 10% dalam pantauan Selasa (11/6/2019) pagi.  

“Dengan rincian 4.821.876 penumpang pada 2019 dan 4.384.101 penumpang pada 2018,” katanya.

Perusahaan, ujarnya, mengantisipasi peningkatan ini dengan menjalankan 406 perjalanan KA dengan perincian, yakni 356 KA reguler dan 50 KA tambahan pada masa angkutan lebaran 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper