Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apindo Jateng & DIY Berharap Tol Solo-Jogja & Tol Bawen-Jogja Terealisasi

Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta menyambut baik dan berharap pembangunan tol Solo – Yogyakarta dan Bawen – Yogyakarta dapat segera terealisasi.
Proyek tol Solo
Proyek tol Solo

Bisnis.com, SEMARANG—Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta menyambut baik dan berharap pembangunan tol Solo – Yogyakarta dan Bawen – Yogyakarta dapat segera terealisasi.
 
Ketua Apindo Jawa Tengah dan DIY Frans Kongi menilai, dampak pembangunan kedua jalan tol tersebut sangat besar untuk dunia bisnis dan industri.
 
“Kita sudah mulai rasakan Semarang ke Solo terus Surabaya,” kata Frans kepada Bisnis, Selasa (25/6/2019).
 
Dia menjelaskan, geliat investasi dan ekonomi secara keseluruhan akan tumbuh dengan terbangunnya jalan tol Solo – Yogyakarta dan Bawen – Yogyakarta. Tidak hanya itu, pariwisata juga diyakini akan menggeliat ketika kedua infrastruktur tersebut terbangun.
 
Arus logistik, ujarnya akan lancar dan murah meskipun terdapat biaya yang harus dikeluarkan oleh para pelaku usaha ketika kedua jalan tol tersebut telah selesai dibangun oleh pemerintah.
 
Menurutnya, para pelaku usaha hotel dan pariwisata pasti akan berkembang pesat dengan banyak turis domestik dan luar negeri yang akan berdatangan.
 
Kemudian, dia melanjutkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) kreatif  yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta seperti barang ukiran akan mendapatkan pasar yang baik karena pariwisata maju.
 
“Hubungan bisnis dalam negeri dan luar negeri makin lancar dengan adanya YIA [Yogyakarta International Airport],” katanya.
 
Dalam catatan Bisnis, sebelumnya, pembangunan jalan Tol Solo--Jogja yang sempat ditentang akhirnya dilanjutkan kembali setelah melalui diskusi dan perdebatan yang panjang.
 
Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan bahwa setelah adanya diskusi, maka diputuskan pembangunan dilanjutkan kembali. "Update-nya semua sesuai rencana, tidak ada penolakan kok," ujarnya.
 
Rencananya, pembangunan tol Solo – Yogyakarta akan dibagi menjadi dua paket, yakni Solo – Prambanan yang masuk dalam wilayah Jawa Tengah dan ruas Yogyakarta--Prambanan yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Sementara terkait dengan pembangunan tol Bawen – Yogyakarta, sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berharap peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek tol Bawen – Yogyakarta dapat dilakukan pada tahun ini.
 
Beberapa hal seperti penetapan lokasi, perizinan, dan analisis dampak lingkungan sedang dalam proses.
 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengungkapkan pihaknya tidak akan lama-lama menandatangani penetapan lokasi untuk proyek tol Bawen-Yogyakarta tersebut ketika sudah terdapat lokasi-lokasi yang ditetapkan.
 
Hedy Rahadian, Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, mengungkapkan usulan penetapan lokasi untuk proyek tol Bawen-Yogyakarta sedang disiapkan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper