Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Pasar Modal di Jateng Menggeliat, Transaksi Harian Rp300,64 Miliar

Industri pasar modal di Jawa Tengah kian menggeliat. Hal ini ditandai dengan jumlah transaksi harian yang meningkat ke Rp300,64 miliar pada pekan lalu.
IHSG
IHSG

Bisnis.com, SEMARANG—Industri pasar modal di Jawa Tengah kian menggeliat. Hal ini ditandai dengan jumlah transaksi harian yang meningkat ke Rp300,64 miliar pada pekan lalu.

Kepala Kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Semarang Fanny Rifqi menyampaikan, kegiatan investasi pasar modal di Jawa Tengah cenderung bertumbuh. Hal ini ditunjukan dengan kenaikan jumlah investor baru dan kenaikan transaksi.

Per Mei 2019, jumlah pemegang akun investasi atau Single Investor Identification (SID) mencapai 93.091 akun. Angka itu naik 11.683 akun dari posisi per Desember 2018 sebanyak 81.408 akun.

“Dari 32 kabupaten/kota, jumlah pemegang SID terbanyak di Semarang 21.162 akun, selanjutnya Surakarta 8.692 akun, dan Sukoharjo 6.324 akun,” ujarnya saat ditemui Bisnis di kantornya, Senin (8/7/2019).

Dari sisi nilai, pada perdagangan pekan lalu atau 2—5 Juli 2019, transaksi harian di Jateng mencapai Rp300,64 miliar dan Semarang berkontribusi Rp67,22 miliar. Nilai tersebut cenderung meningkat dari awal Januari 2019 sebesar Rp270,04 miliar, dimana Semarang menyumbang Rp39,20 miliar.

Transaksi harian tersebut menempatkan Jateng ke posisi keempat terbesar di Indonesia, setelah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Namun demikian, besaran nilai transaksi itu cenderung berubah setiap hari.

Menurut Fanny, perkembangan jumlah investor dan transaksi di pasar modal didorong oleh sejumlah kegiatan edukasi, seminar, dan workshop. Bahkan, Kantor BEI Semarang rutin melakukan kegiatan Sekolah Pasar Modal setiap pekan ada dua pertemuan.

“Ada pertemuan edukasi dua kali dalam sepekan, sekitar 30 orang yang datang. Selain di Semarang, kita juga melakukan kegiatan serupa di Solo dan Yogyakarta,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper