Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiket Pesawat Solo – Jakarta Jadi Rp400.000

Harga tiket pesawat terbang yang semakin bersahabat ini diharapkan mendongkrak jumlah penumpang.
Bongkar muat bagasi di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah./Bisnis-Abdullah Azzam
Bongkar muat bagasi di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, SOLO—Maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) mengklaim sudah menurunkan harga tiket menyusul kebijakan Pemerintah soal tiket murah yang harus berlaku per Kamis (11/7), termasuk yang melalui Bandara Adi Soemarmo.

Sebagai contoh, tiket Solo – Jakarta kini menjadi Rp474.000 dari sebelumnya mencapai angka Rp800.000. Penurunan harga tiket pesawat ini pun menjadi angin segar bagi para pelaku biro wisata.

Station Manager Citilink Bandara Adi Soemarmo, Rudi, mengatakan harga tiket Citilink untuk rute Solo – Jakarta pergi pulang sudah turun. Pihaknya berharap harga tiket pesawat terbang yang semakin bersahabat ini mendongkrak jumlah penumpang yang sempat lesu beberapa waktu lalu.

“Tiket sudah turun, cuma kami tidak tahu sampai kapan. Kami berharap seperti ini agar penumpangnya tambah ramai. Kalau harga tinggi, orang pun enggan juga mau beli tiket,” ujarnya kepada JIBI, Kamis (11/7/2019).

Lebih lanjut Rudi memaparkan load factor penerbangan murah anak perusahaan Garuda Indonesia ini di angka 70% - 80% pada Juli 2019. Menurutnya, tingkat keterisian pesawat ini terbantu dengan adanya masa liburan sekolah. Meskipun demikian, tren penerbangan di Solo, penumpang ramai di akhir pekan.

Dari pantauan JIBI melalui online travel agent (OTA), Kamis malam, harga tiket Citilink untuk rute Solo –Jakarta baik kedatangan di Bandara Soekarno Hatta maupun Bandara Halim Perdana Kusuma termurah adalah Rp474.815. Harga ini bisa dipesan untuk penerbangan setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu selama Juli 2019. Sedangkan tiket termahal mencapai Rp902.000.

Akan tetapi, penerbangan Citilink Solo – Jakarta untuk Agustus 2019 terpantau kembali naik menjadi Rp894.300. Begitu pula untuk terbang September 2019, harga tiket berkisar Rp894.300 hingga Rp902.000. Dalam sehari Citilink melayani rute Solo – Jakarta lima kali.

Di sisi lain, maskapai berbiaya murah yang beroperasi di Bandara Adi Soemarmo lainnya, yakni Lion Air dan Air Asia. Sedangkan untuk harga tiket Lion Air rute Solo – Jakarta pada Selasa (23/7) mendatang mulai Rp543.400 hingga Rp749.100. Sementara untuk rute Solo – Denpasar terpantau di angka Rp591.000 pada Kamis (25/7) dan Selasa (30/7). Selain tanggal tersebut, harga tiket SOC – DPS ini mencapai Rp806.000.

Di samping itu, untuk maskapai Air Asia rute Solo – Denpasar harga terendah pada 29 – 31 Juli 2019, yakni Rp376.000. Sebelumnya, maskapai LCC asal Malaysia ini juga mematok harga terjangkau untuk SOC – DPS, yakni Rp470.000 pada 22 Juli 2019 dan Rp404.000 pada 23 Juli 2019.

Sebelumnya, Station Manager Lion Air Bandara Adi Soemarmo, Aditya Yudha, mengatakan manajemen resmi menurunkan tiket sejak awal Juli ini. Ini khususnya untuk rute Solo - Jakarta.

“Penurunan harga tiket ini untuk semua jadwal penerbangan Lion Air. Ada sebanyak empat flights untuk rute Solo - Jakarta setiap harinya,” tuturnya, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper