Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dana Renovasi 20 SMPN di Semarang Senilai Rp17 Miliar Cair Agustus

Sebanyak 20 sekolah SMPN di Semarang tahun ini mendapatkan dana untuk renovasi gedung, pembangunan sarana dan prasarana dengan anggaran mencapai Rp17 miliar lebih.
Ilustrasi renovasi sekolah./Antara
Ilustrasi renovasi sekolah./Antara

Bisnis.com, SEMARANG – Sebanyak 20 sekolah SMPN di Semarang tahun ini mendapatkan dana untuk renovasi gedung, pembangunan sarana dan prasarana dengan anggaran mencapai Rp17 miliar lebih.

Kasubbag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Pendidikan Kota Semarang Yudia Setiandradi mengatakan, jika pada tahun ini ada 20 sekolah yang mendapatkan anggaran renovasi dan perbaikan sarana-prasarana, dengan total dana Rp17.2 miliar

"Dana perbaikan dan pengadaan ini anggaran dari Pemkot melalui Disdik dan Distaru," katanya, Selasa (16/7/2019).

Pria yang akrab disapa Yudi ini memaparkan, ke 20 sekolah yakni SMP N 1, 2, 4, 5, 13, 15, 17, 19, 20, 23, 24, 25, 31, 34, 38, 41, 42, 43, 44, 45. Khusus pembangunan SMP N 1 dan SMP N 45 menggunakan anggaran dari Distaru. "Sebanyak 18 sekolah sisanya anggaran dari Disdik," jelasnya.

Dia menuturkan, untuk anggaran dari Disdik, selain pembangunan juga digunakan pengadaan sarpras seperti meja dan kursi siswa. Sejumlah proyek pembangunan sekolah sendiri saat ini sudah mulai dikerjakan, misalnya di SMP N 1 Semarang, yang Agustus nanti mulai pembangunan fisik.

"Untuk SMP N 1 Semarang, pembangunan dilakukan karena gedung lama sudah usang dan rapuh, sehingga membahayakan siswa. Agustus ini mulai dibangun, targetnya November ini selesai, " kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri.

Untuk pembangunan di SMPN 1 Semarang menurut Gunawan berlangsung dua tahap. Menggunakan APBD Pemkot Semarang, total dana yang digunakan Rp6,4 miliar.

"Pakai APBD. Tahap 1 tahun 2019 Rp3 miliar, tahap 2 tahun 2020 Rp3,4 miliar," jelasnya

Tak hanya di SMPN 1 Semarang saja, menurut Gunawan beberapa sekolah di Semarang juga diperbarui maupun diperbaiki. Misalnya khusus SMPN 34 Semarang yang beberapa ruangan sekolah ditinggikan untuk mengatasi banjir di kawasan tersebut.

"Anggaran yang digunakan untuk SMP N 34 mencapai Rp1,1 miliar," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper