Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Bantu Jateng Genjot Target Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

OJK menilai Jawa Tengah memiliki potensi besar untuk dibantu agar menimbulkan efek ganda (multiplayer effect) dalam perekonomian daerah.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Bisnis-Alif Nazzala Rizqi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Bisnis-Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com,  SEMARANG – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melihat, Jawa Tengah memiliki potensi besar untuk dibantu agar menimbulkan efek ganda (multiplayer effect) dalam perekonomian daerah.

Dari mapping OJK, Jateng saat ini sudah didukung infrastruktur memadai dan terus berkembang dengan akan dibangunnya jalan tol Solo-Jogja dan Bawen Jogja. Selain itu, masih adanya kompetisi usaha yang tinggi di dunia industrinya.

“Dari mapping itu, ada efek ganda yang akan bisa mempengaruhi perekonomian daerah. Apalagi, dari garis kebijakan yang dilakukan pemerintah. Kita akan prioritaskan untuk membantu Jateng membuat kebijakan keuangan yang in line,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso Minggu (21/7/2019) malam.

Dia mengajak, seluruh anggota Dewan Komisioner OJK untuk berdiskusi. 

Wimboh berharap, dalam menyusun kebijakan, OJK bisa memberikan kontribusi kepada Jateng untuk alokasi kredit, orientasi ekspor, substitusi impor, memberikan masukan kepada perbankan untuk bussines plan. 

Sehingga, angka pertumbuhan ekonomi di Jateng sebesar 7% dapat tercapai bahkan melebihi nasional.

“Pertumbuhan ekonomi nasional ditentukan oleh laju pertumbuhan ekonomi di daerah. Maka dari itu, percepatan pembangunan daerah, salah satunya Jawa Tengah, nantinya akan berkontribusi signifikan pada akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, terimakasih karena OJK “bedhol desa” untuk membantu Jateng secara holistik. 

Menurutnya, dari diskusi tersebut pihaknya bisa melihat apakah kebijakan yang dibuat apakah regulasinya akan mengganggu atau tidak. Sektor mana yang akan menjadi prioritas. Insentif dan disinsentif apa yang bisa dilakukan, serta pola pembiayaan apa yang dilakukan.

“Saya bisa dapatkan dari forum ini, sekarang kalau mau tumbuh sesuai target 7%, maka derivate-nya harus disiapkan. Kita akan menurunkan detail programnya, meski nanti akan ada problem. Pengusaha kita ajak sharing, dan akan kita tangani secara baik. OJK juga membantu pol-polan ini,” kata Ganjar. 

Pemerintah pusat yang secara prioritas akan membantu pariwisata dan industri pun menurut Ganjar, pihaknya tidak hanya akan fokus pada keduanya, karena masih ada ribuan program di kabupaten dan kota di Jateng yang akan digarap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper