Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semarak Agustus, 8 Tokoh Nasional Balap Karung

Tokoh-tokoh nasional Indonesia yang diperankan oleh warga memainkan lomba balap karung pada gelaran car free day di Jl. Slamet Riyadi, Solo Minggu (4/8/2019).
Warga mengenakan topeng tokoh nasional saat mengikuti lomba balap karung di area car free day (CFD), Jl. Slamet Riyadi, Solo./JIBI-Nicolous Irawan
Warga mengenakan topeng tokoh nasional saat mengikuti lomba balap karung di area car free day (CFD), Jl. Slamet Riyadi, Solo./JIBI-Nicolous Irawan

Bisnis.com, SOLO — Tokoh-tokoh nasional Indonesia yang diperankan oleh warga memainkan lomba balap karung pada gelaran car free day di Jl. Slamet Riyadi, Solo Minggu (4/8/2019). Lomba balap karung tersebut sebagai salah satu cara warga untuk menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-74 Indonesia.

Sebanyak delapan warga mengenakan topeng tokoh nasional Indonesia seperti Joko Widodo, Susilo Bambang Yudhoyono, Prabowo, Sandiaga Uno, Jusuf Kalla, Maruf Amin, Habibie, dan Megawati.

Mereka melakukan aksi balap karung menggunakan dua karung yang dijahit menjadi satu. Jatuh bangun yang terjadi saat balapan karung dilakukan sontak mengundang gelak tawa para pengunjung CFD yang menyaksikannya.

Salah satu pengunjung CFD, Setyawan, 26, mengatakan kegiatan yang dilakukan tersebut menjadi salah satu hiburan menjelang HUT ke-74 Indonesia. Menurutnya, perayaan menyambut hari kemerdekaan Indonesia harus dirayakan dengan suka cita dan gembira. Sehingga, bisa dinikmati oleh semua orang.

“Menarik ketika ada simbol delapan tokoh nasional yang saling berlomba menggunakan karung. Menjadi hiburan tersendiri menjelang 17 Agustus. Hari kemerdekaan memang harus dirayakan seperti ini. Gembira dan bersenang-senang,” jelasnya kepada JIBI, Minggu (4/8/2019).

Warga lainnya, Taufiqul, 29, juga berpendapat serupa terkait kegiatan menyambut hari kemerdekaan tersebut. Dia mengapresiasi kreativitas warga yang berinisiatif menggabungkan simbol tokoh nasional untuk saling bekerjasama dalam lomba balap karung.

“Selain menjadi hiburan, ini juga bisa menunjukan kalau ada pesan dibaliknya. Semua harus bekerjasama membangun negara ini. Mungkin seperti itu maksudnya,” kata dia.

Koordinator kegiatan, Mayor Haristanto, mengatakan kegiatan lomba balap karung yang dilakukan oleh simbol tokoh nasional merupakan cara mudah dan menghibur bagi warga di Solo. Dia ingin mengajak warga Solo bersama-sama bergembira ketika menyambut HUT ke-74 Indonesia.

“Ini merupakan cara mudah, murah dan menghibur untuk masyarakat. Kami membuat topeng tokoh nasional yang dipakai oleh warga yang mau berpartisipasi bermain balap karung. Ini juga untuk menyimbolkan kedekatan para tokoh nasional sekarang,” kata dia.

Melalui kegiatan tersebut, dia berharap para tokoh nasional yang diperankan mampu saling membantu untuk memajukan negara Indonesia. Hal ini lantaran, untuk membangun Indonesia dibutuhkan kerjasama.

“Kami harap di politik bisa para tokoh nasional bisa saling bekerjasama. Tujuannya untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Chandra
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper