Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuliner Jateng, Gule Bustaman, Unik dan Khas Semarang

Keunggulan resep gulai Bustaman dibanding gulai lainnya karena tidak menggunakan santan.

Bisnis.com, SEMARANG – Perayaan hari raya Iduladha di Tanah Air selalu ditandai dengan pembagian daging kambing maupun sapi. Warga yang mendapat jatah daging hewan kurban itu pun lantas berusaha mengolahnya menjadi masakan yang enak untuk disantap.

Ada yang mengolahnya menjadi sate, gulai, tongseng, maupun rendang. Namun, di Kota Semarang ada satu kuliner daging kambing yang khas. Kuliner daging kambing itu tak lain adalah Gule Bustaman.

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) berkesempatan mencicipi gulai khas Kota Semarang ini di Warung Gule Bustaman Pak Sabar yang terletak di kawasan Kota Lama, Senin (12/8/2019).

Sepintas tak ada yang membedakan antara Gule Bustaman dengan masakan gulai kambing pada umumnya. Di Gule Bustaman juga terdapat kuah yang kaya rempah dan berwarna kuning yang merupakan sari dari kunyit.

Kuliner Jateng, Gule Bustaman, Unik dan Khas Semarang

Hanya saja, jika masakan gulai kambing kebanyakan menggunakan santan, gulai khas Bustaman tidak. Sebagai ganti santan, gulai khas Kota Semarang itu menggunakan minyak kelapa yang dihasilkan dari parutan kelapa yang telah digoreng atau srundeng.

“Yang membedakan gulai Bustaman dengan gulai kebanyakan ya itu! Kita tidak menggunakan santan, tapi rempah-rempah khas Arab, seperti kapulaga, kayu manis, jintan, dan srundeng. Itu yang membuat rasanya tetap gurih, meski tidak menggunakan santan,” ujar pedagang Warung Gule Bustaman Pak Sabar, Khoiri, saat berbincang dengan JIBI.

Khoiri mengatakan ada banyak keunggulan resep gulai Bustaman dibanding gulai lainnya karena tidak menggunakan santan. Selain tahan lebih lama, gulai buatannya juga lebih higienis.

“Kan santan itu kandungan lemaknya tinggi. Kalau dimakan sama daging kambing, kadar lemaknya jadi tinggi sekali. Kalau ini kan enggak pakai santan, jadi lemaknya tidak terlalu banyak,” tutur Khoiri.

Khoiri merupakan keponakan Pak Sabar yang merupakan pemilik warung. Ia merupakan generasi kelima dari penjual gulai Bustaman.

“Dulu ya memulai kakek saya. Dulu jualannya dipikul dan keliling di kawasan Kota Lama, bahkan sampai Lamper. Namun, sejak 1970-an, keluarga kami banyak bermukim di Kota Lama,” ujar Khoiri.

Khoiri menambahkan resep gulai Bustaman diperoleh secara turun temurun. Bustaman merupakan sebuah kampung yang ada di Semarang.

Kuliner Jateng, Gule Bustaman, Unik dan Khas Semarang

Kampung Bustaman dulunya terkenal sebagai pusat pemotongan dan pengolahan daging kambing. Seiring berjalannya waktu, kampung itu memiliki racikan bumbu untuk membuat gulai.

“Jadi resepnya itu perpaduan antara Jawa dengan Arab yang diwariskan orang-orang Koja [Gujarat] yang datang dan singgah ke Semarang. Orang keturunan Koja kan banyak yang tinggal di Pekojan [nama kampung di Semarang],” tutur Khoiri.

Nah, penasaran untuk menikmati Gule Bustaman? Anda bisa datang ke Warung Gule Bustaman Pak Sabar yang berada tepat di belakang Gedung Oudetrap Kota Lama Semarang. Gulai khas Semarang ini seporsinya dibanderol Rp30.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper