Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Jateng Gandeng Pertamina MOR 4 Optimalisasi Jaringan RPK

Perum Bulog Divre Jawa Tengah menggandeng Pertamina MOR 4 Jateng-DIY terkait pengembangan jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) melalui outlet LPG non subsidi.
Pimpinan Wilayah Bulog Divre Jateng, Taufan Akib bersama General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian (tengah) dalam penandatanganan nota kesepahaman tentang pengembangan RPK melalui outlet LPG non subsidi di Kantor Hiswanamigas Jateng Jumat (16/8/2019).
Pimpinan Wilayah Bulog Divre Jateng, Taufan Akib bersama General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian (tengah) dalam penandatanganan nota kesepahaman tentang pengembangan RPK melalui outlet LPG non subsidi di Kantor Hiswanamigas Jateng Jumat (16/8/2019).

Bisnis.com, SEMARANG - Perum Bulog Divre Jawa Tengah menggandeng Pertamina MOR 4 Jateng-DIY terkait pengembangan jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) melalui outlet LPG non subsidi. 

Bulog dan Pertamina sepakat untuk mengadakan kerjasama guna memanfaatkan kemampuan masing-masing pihak dalam melaksanakan, mengembangkan dan meningkatkan bidang usaha.

Pimpinan Wilayah Bulog Divre Jateng, Taufan Akib mengatakan, sinergi ini merupakan upaya bersama untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Hal tersebut didasarkan asas saling membantu, saling mendukung, dan tidak melanggar Peraturan Perundang-undangan serta peraturan internal masing-masing. 

"Melalui RPK nanti, selain komoditas pangan Bulog juga akan menjual gas NPSO Pertamina. Begitu pun sebaliknya, agen gas NPSO Pertamina bisa menjual produk komoditas Bulog," katanya, disela Penandatangan Nota Kesepahaman tentang Pengembangan RPK melalui outlet LPG non subsidi di Kantor Hiswanamigas Jateng Jumat (16/8/2019).

Seperti diketahui, RPK merupakan program kerjasama Bulog dengan masyarakat dalam melakukan pemasaran produk Bulog. RPK dibentuk dalam rangka menstabilkan harga pangan dan mengembangkan distribusi produk BULOG.

Taufan menambahkan, saat ini di Jawa Tengah terdapat 11.890 outlet RPK. Jumlah tersebut terus bertambah, dan ditargetkan mampu menembus 14.500 outlet RPK hingga akhir tahun ini.

"Melalui kerjasama dengan Pertamina ini, seluruh RPK binaan Bulog selanjutnya dapat menjual produk komersial Pertamina, utamanya tabung gas LPG non subsidi. Begitupun sebaliknya, agen dan outlet LPG Pertamina akan menjual produk Bulog. Tentu ada syaratnya juga," tambahnya.

Menurut Taufan, kriteria Sahabat RPK yang ingin bergabung menjadi outlet LPG harus memenuhi syarat aktif sebagai Sahabat RPK dan rutin melakukan repeat order minimal dalam 3 (tiga) bulan terakhir. Selain itu, memiliki toko/outlet untuk mendisplay gas LPG non subsidi.

"Syarat lainnya, selama bergabung menjadi Sahabat RPK tidak pernah melakukan wanprestasi, dan selanjutnya direkomendasikan secara tertulis oleh Perum Bulog Subdivre setempat," ungkapnya.

Untuk kriteria Outlet LPG Pertamina yang ingin bergabung menjadi Sahabat RPK, lanjut Taufan, juga harus aktif sebagai Outlet LPG dan rutin melakukan repeat order. Outlet tersebut harus memiliki tempat untuk mendisplay produk komersial Perum Bulog.

"Selama bergabung menjadi Outlet LPG tidak pernah melakukan wanprestasi, dan mendapatkan rekomendasi secara tertulis oleh Agen LPG yang ditunjuk oleh Pertamina," ujarnya.

Terkait dengan harga produk yang diberikan BULOG kepada outlet LPG adalah harga yang ditetapkan Perum BULOG Kantor Pusat dan disampaikan melalui Kantor Wilayah BULOG Divre Jateng, dan diteruskan kepada kantor cabang (Subdivre)  BULOG, yang kemudian diupdate secara berkala atau insidentil sesuai kebutuhan.

"Harga yang diberikan Pertamina melalui Agen LPG kepada Sahabat RPK adalah sesuai dengan SK yang berlaku," ujarnya. 

Sementara itu, General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian mengatakan, hal ini sesuai dengan semangat sinergi BUMN yang telah dicanangkan oleh Kementerian BUMN. 

"Nantinya, Pertamina akan mendukung program RPK tersebut dengan bantuan program kemitraan serta penjualan LPG NPSO di RPK," ujarnya.

Di sisi lain lanut dia, Bulog akan mendukung outlet LPG Non PSO milik Pertamina dengan mempromosikan produk LPG NPSO serta produk bulog lainnya yang akan dijual di pangkalan LPG milik Pertamina.

Dia menambahkan, saat ini ada lebih dari 39.000 outlet LPG dan 11.000 RPK tersebar di seluruh Jawa Tengah. Menurutnya, dengan potensi yang cukup besar, Pertamina dan Bulog yakin bahwa sinergi ini akan memudahkan masyarakat mendapatkan akses dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. 

Tidak hanya pemenuhan kebutuhan LPG namun juga keperluan sehari-hari dari produk Bulog yang dijual di RPK dan outlet LPG.

“Kedepan, sesuai semangat sinergi BUMN tersebut diharapkan memiliki dampak ekonomi yang cukup signifikan terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat dan stabilisator harga baik dari produk pangan dan produk gas. Sehingga bisa memberikan semangat dan awareness kepada masyarakat untuk bisa beralih ke barang non subsidi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler