Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelombang di Pantai Selatan Capai 5 Meter, Nelayan dan Usaha Wisata Diminta Waspada

Bahkan diperkirakan pada Rabu (4/9/2019), tinggi gelombang di perairan selatan DIY mencapai 3-5 meter.
Ilustrasi gelombang di pantai./JIBI
Ilustrasi gelombang di pantai./JIBI

Bisnis.com, JOGJA—Warga yang berada di pesisir selatan DIY, harus mewaspadai adanya terpaan angin kencang selama sepekan ke depan yang mengakibatkan naiknya tinggi gelombang laut. Bahkan diperkirakan pada Rabu (4/9/2019), tinggi gelombang di perairan selatan DIY mencapai 3-5 meter.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta Reni Kraningtyas mengatakan peningkatan kecepatan angin tersebut disebabkan adanya perbedaan tekanan udara yang signifikan antara wilayah Australia dengan Laut Cina Selatan.

Adapun peningkatan kecepatan angin di DIY, kata dia, diperkirakan bisa mencapai antara 30-55 kilometer per jam. “Inilah yang kemudian memicu terjadinya ombak tinggi di perairan selatan Pulau Jawa, tak terkecuali DIY,” kata dia melalui rilisnya Selasa (3/9/2019).

Dia mengatakan kenaikan tinggi gelombang di perairan selatan DIY diperkirakan akan terjadi sejak 1-6 September mendatang dengan rentang ketinggian yang beragam, yakni antara 2,5-5 meter. Puncak kenaikan ketinggian gelombang laut, kata dia, diperkirakan terjadi pada Rabu. Dari hasil prakiraan, ketinggian gelombang bisa mencapai 3-5 meter.

Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada nelayan untuk sementara tidak melaut dan menambatkan perahu mereka di tempat yang lebih aman. “Dengan begitu, perahu mereka tidak rusak jika diterjang ombak besar,” ucap Reni.

Selain itu Reni juga mengingatkan kepada masyarakat yang memiliki tempat usaha di pesisir pantai untuk berhati-hati. Pasalnya kenaikan tinggi gelombang laut tersebut bisa memicu terjadinya abrasi yang merusak bangunan milik warga. “Untuk wisatawan, jangan turun ke laut. Tetap patuhi arahan Tim SAR yang bertugas. Selain itu, pantau informasi resmi hanya dari kami [BMKG DIY],” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arief Junianto
Editor : Sutarno
Sumber : harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper