Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Ekspor, Jateng Optimalkan Sisi Hulu

Demi menunjang pertumbuhan ekspor non migas dalam jangka panjang, Jawa Tengah mempersiapkan ekspansi dari sisi hulu untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk.
Aktivitas bongkar muat petikemas/Bisnis-Paulus Tandi Bone
Aktivitas bongkar muat petikemas/Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, SEMARANG—Demi menunjang pertumbuhan ekspor non migas dalam jangka panjang, Jawa Tengah mempersiapkan ekspansi dari sisi hulu untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah Arif Sambodo menyebutkan, dalam suatu proses produk ekspor dapat dikatakan sebagai hilir. Oleh karena itu, untuk memacu produknya, pembenahan harus dimulai dari sisi hulu.

Pemprov Jateng sedang menyiapkan kawasan industri baru di Brebes, Kebumen, dan Rembang. Selain itu, sejumlah sektor industri prioritas di Kawasan Industri Kendal (KIK) akan mendapatkan fasilitas seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Selama ini, kita masih banyak impor untuk barang modal. Ini yang menjadi prioritas untuk dibangun. Di KIK juga nantinya industri subtitusi impor bisa mendapat fasilitas KEK. Dengan demikian, kinerja ekspor semakin bertumbuh ,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (3/9/2019).

Total impor non migas Jateng per Juli 2019 mencapai US$5.145,89 juta, naik 2,74% yoy. Artinya masih ada defisit neraca dagang sebesar US$27,63 juta.

Kendati masih mengalami defisit, sambung Arif, pada 7 bulan pertama 2019 komposisi bahan baku/penolong sebesar 72,67%, barang modal 21,14%, dan barang konsumsi 6,19%. Hal itu masih lebih baik dibandingkan pada Januari—Juli 2018 masing-masing sebesar 81,6%, 11,03% dan 7,38%.

“Impor barang modal naik karena industri impor mesin-mesin mekanik, untuk meningkatkan kapasitas atau upgrade alat. Impor sisi konsumsi dan bahan baku menurun, artinya trennya sudah positif, walaupun bisa ditingkatkan,” tuturnya.

Dalam memacu ekspor, Jateng semakin mendapat angin segar seiring dengan pendirian Free Trade Agreement (FTA) Center di Semarang pada 2020. Saat ini ada 5 FTA Center di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Karena ekspor di Surabaya sudah maju, pemerintah pusat akan memindahkan FTA Center itu ke Semarang, tepatnya di Kantor Disperindag Jateng. FTA Center akan memfasilitasi seluruh kebutuhan ekspor, mulai dari informasi, pelatihan, pendampingan, perizinan, dan sebagainya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor non migas Jateng pada Januari—Juli 2019 mencapai US$4.823,5 juta. Nilai itu tumbuh 3,78% year on year (yoy) dari Januari—Juli 2018 sebesar US$4.648,04 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper