Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jateng Siap Bentuk Satgas Sampah di Desa

Kongres Sampah merekomendasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk segera mengeluarkan kebijakan agar seluruh desa di Jawa Tengah membuat Satgas Sampah.
Petugas membersihkan sampah /Antara-Asprilla Dwi Adha
Petugas membersihkan sampah /Antara-Asprilla Dwi Adha

Bisnis.com, SEMARANG—Kongres Sampah merekomendasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk segera mengeluarkan kebijakan agar seluruh desa di Jawa Tengah membuat Satgas Sampah.

Putut Yulianto, panitia Kongres Sampah Jateng, mengatakan sidang Kongres Sampah yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu (12-13/10/2019) telah menyepakati langkah-langkah penanganan sampah dalam aksi nyata.

“Kami menyepakati agar Gubernur menginstruksikan kepada Desa dan Kelurahan untuk segera membentuk Satgas Sampah yang bertugas melakukan penegakan regulasi pengelolaan sampah. Sudah ada embrio Satgas Sampah di Desa Kesongo yang merupakan Tim Peduli Sampah Desa,” kata Putut, Minggu (13/10/2019).

Desa Kesongo di Kabupaten Semarang, memang terpilih sebagai tempat Kongres Sampah, karena warganya dalam satu tahun terakhir menerapkan pola pemilahan sampah sejak dalam rumah.

Pemilahan sampah juga dilakukan lewat adanya dua keranjang sampah di depan rumah, yakni organic dan non organic. Tidak berhenti di situ, alat pengangkut sampah juga ada pembedaan berdasarkan jenisnya.

Sampai di Tempat Penampungan Sementara (TPS), sampah tersebut dapat dilipih lagi untuk didaur ulang menjadi berbagai produk.

“Agar semua desa bisa menerapkan seperti itu, Gubernur bisa memberikan insentif bagi semua pihak yang telah mengembangkan temuan, karya dan produk pengelolaan sampah yang berbasis kearifan lokal,” katanya.
 
Untuk membantu pelaksanaan teknis pengelolaan sampah di Jateng, sidang Kongres Sampah telah menyepakati terbentuknya Dewan Konsorsium Sampah Jateng.

Dewan Konsorsium tersebut dibawah kendali Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah dan melibatkan perwakilan semua komponen peserta kongres mencakup unsur pemerintahan, akademisi, aktivis, pengusaha, dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler