Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CPNS Jateng Terbuka untuk Seluruh Daerah, Ini Tips Tesnya

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyatakan lowongan Calon Pegawa Negeri Sipil (PNS) yang dilaksanakan mulai 11 November 2019 terbuka untuk peserta dari seluruh daerah di Indonesia.
Ilustrasi proses ujian seleksi CPNS/Antara-Muhammad Adimaja
Ilustrasi proses ujian seleksi CPNS/Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyatakan lowongan Calon Pegawa Negeri Sipil (PNS) yang dilaksanakan mulai 11 November 2019 terbuka untuk peserta dari seluruh daerah di Indonesia.

“Silahkan dari luar Jawa Tengah, luar Jawa, bisa mendaftar CPNS Jateng 2019,” tutur Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Wisnu Zaroh, Rabu (6/11/2019).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan kuota 1.409 CPNS di Jateng. Perinciannya, 551 tenaga guru, 316 tenaga kesehatan, dan 542 tenaga teknis.

Adapun, total formasi CPNS yang dibutuhkan di 35 kabupaten/kota Jateng mencapai 13.590 posisi. Seluruh proses pendaftaran dilaksanakan secara online, melalui situs sscasn.bkn.go.id, jatengprov.go.id, dan bkd.jatengprov.go.id.

“Pendaftaran online itu akan dimulai serentak pada 11 November 2019, dan berlangsung selama 15 hari,” imbuhnya.

Wisnu memberikan beberapa tips untuk memudahkan CPNS dalam melakukan pendaftaran. Pertama, peserta memiliki alamat email aktif. Kedua, membaca dengan cermat dan teliti setiap informasi persyaratan.

Pasalnya, pelamar hanya bisa melakukan pendaftaran 1 kali dan hanya untuk 1 jabatan. Ketiga, bagi peserta dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bermasalah, dapat menguhubungi Disdukcapil setempat.

Keempat, peserta dapat melihat jumlah pendaftar di berbagai unit kerja, sehingga dapat memprediksi peluang untuk lulus menjadi PNS.

Kelima, peserta harus menyiapkan persyaratan administrasi yang mencakup KTP, pas foto terbaru dengan latar merah, ijazah dan transkrip nilai, surat lamaran, serta akreditasi prodi dan universitas pada tahun lulus.

Adapun, tes CPNS Jateng mencakup tiga kompenen, yakni tes kompetensi dasar atau Tes Intelegensi Umum (TIU), tes wawasan kebangsaan, dan tes karakteristik kepribadian. Bila lolos dalam tahap ini, peserta selanjutnya akan menjalani tes kompetensi bidang.

Wisnu menambahkan, sebetulnya Jateng mengajukan kuota CPNS sebanyak 2.149 posisi, kendati yang disetujui Kemenpan-RB sejumlah 1.409 posisi. Oleh karena itu, pihaknya akan mengajukan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), untuk menambah posisi sesuai kebutuhan.

“Kalau ada kebijakan dari [pemerintah] pusat untuk P3K, kami akan membuka lowongan lagu untuk P3K ini,” paparnya.

Dia pun menegaskan proses rekrutmen CPNS di Jateng tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Masyarakat diimbau tetap waspada terhadap segala bentuk penipuan terkait hal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper