Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Menunggu 34 Tahun, Pesawat Akan Terbang dan Mendarat di Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho mengungkapkan kebahagiaannya. Djoko mengaku akhirnya bakal melihat hilir mudik pesawat di wilayahnya setelah menunggu 34 tahun.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melihat perkembangan pengerjaan Bandara Ngloram, Blora, Kamis (12/12/2019)./Istimewa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melihat perkembangan pengerjaan Bandara Ngloram, Blora, Kamis (12/12/2019)./Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan akhir tahun ini bakal ada pesawat yang mendarat di Bandara Ngloram Blora.

Atas kabar tersebut, Bupati Blora Djoko Nugroho mengungkapkan kebahagiaannya. Djoko mengaku akhirnya bakal melihat hilir mudik pesawat di wilayahnya setelah menunggu 34 tahun. 

Bandara Ngloram sudah ada sejak 1980. Semula bandara itu dibangun untuk mendukung proyek-proyek pertambangan minyak dan gas (migas) di Blora dan sekitarnya yang mulai berkembang. Pesawat pertama yang mendarat di Ngloram membawa Presiden Soeharto. Namun empat tahun setelah itu, bandara tidak lagi beroperasi. Hingga akhirnya Pemerintah memutuskan untuk membangun ulang bandara tersebut pada pertengahan 2018 silam.

"Ini akan jadi kebanggaan warga Blora. Jika kemarin-kemarin hanya untuk mainan anak-anak dan angon ternak, insyaallah akhir tahun ini ada pesawat yang mendarat," kata Djoko saat mendampingi Ganjar Pranowo mengecek pengerjaan runway Bandara Ngloram Blora, Kamis (12/12/2019).

Saat ini proses pembangunan Bandara Ngloram hampir merampungkan pengerjaan runway atau landasan pacu. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan akhir tahun akan melakukan ujicoba pendaratan pesawat yang pertama. 

"Pengerjaan runway akan selesai pada 24 Desember mendatang. Kalau selesai akan kita ujicoba," kata Ganjar melalui siaran persnya. 

Pada tahap awal ini, landasan pacu Bandara Ngloram dibangun sepanjang 1,2 km, runway sebelumnya hanya 900 meter. Selanjutnya runway bakal diperpanjang hingga 2,6 km. 

"Progresnya tanpa banyak bicara, insyaallah bandara jadi. Blora akan punya bandara dan kawan-kawan di Bojonegoro, nanti kita pakai bareng-bareng," kata Ganjar. 

Begitu pengerjaan runway selesai, pada Januari tahun depan mulai dilakukan penggarapan terminal. Ganjar menyebutkan akhir tahun bandara diharapkan bisa beroperasi.

Dengan demikian akses peningkatan perekonomian masyarakat Blora dan sekitarnya akan terdongkrak. Terlebih, kata Ganjar, bandara tersebut sangat dekat dengan stasiun. 

"Kalau kerja samanya kompak begini, perekonomiannya terbuka, pariwisatanya terbuka dan masyarakatnya juga akan terbuka. Apalagi bandara ini dari stasiun Kapuan hanya 300 meter. Dekat sekali. Maka transportasi kereta dan bandara terintegrasi," kata Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper