Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar: Menjaga Kerukunan Jadi Tantangan Pilkada 2020 di Jateng

Kerukunan dan kondusifitas masih menjadi tantangan masyarakat pada tahun 2020 mendatang. Itu karena tahun depan ada Pilkada Serentak di 21 daerah di Jawa Tengah.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Kerukunan dan kondusifitas masih menjadi tantangan masyarakat pada tahun 2020 mendatang. Itu karena tahun depan ada Pilkada Serentak di 21 daerah di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, tantangan itu harus dijawab dengan menjaga kerukunan antar elemen masyarakat yang sejauh ini sudah dengan baik dilakukan oleh masyarakat Jateng.

"Paling substantif hari ini kita butuh kerukunan karena pada 2020 ada Pilkada Serentak di 21 daerah. Isu itu (kerukunan dan intoleransi) biasanya keluar di Pilkada. Saya juga heran, pokoknya kalau mau ada kontestasi dan mau pilihan itu isu semrawut muncul lagi. Bahkan kemudian fitnahnya itu kembali," kata Ganjar Jumat (27/12/2019).

Ganjar menjelaskan obrolan mengenai hal substantif dengan menghadirkan Ulama-Umaro menjadi sangat penting untuk dilihat dan didengar. Apalagi demokrasi kita sudah berlangsung lama sehingga ia berharap isu yang dikembangkan lebih bersifat program bukan terkait individu.

"Kita musti jaga dengan karakteristiknya. Tadi sudah dikatakan kalau watak asli kita adalah rukun," ujarnya.

Antisipasi mengenai isu intoleransi selama tahun 2020 juga sudah dilakukan sejak dini. Pemetaan terkait isu sudah dilakukan oleh pemerintah bersama kepolisian. Ganjar juga meminta bantuan kepada tokoh agama dan masyarakat untuk terlibat dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat.

"Sudahlah, yang dipilih nanti itu ya satu, setelah itu bersaudara lagi. Contohnya sudah ada, sudah dibuat oleh Presiden. Begitu Pak Jokowi dipercaya masyarakat, Pak Prabowo mau menjadi menteri. Maka bersatulah. Ketika sudah bersatu, orang yang tidak suka akan memisahkan diri sendiri," ujarnya.

Tantangan untuk menjaga kondusifitas juga akan menjadi pondasi untuk menghadapi tantangan global, yakni ekonomi. Menurut Ganjar, ekonomi dunia saat ini masih belum stabil sehingga menjaga harmoni dan kerukunan penting sebagai pondasi.

"Ingat lho, ekonomi dunia belum baik. Ini juga tantangan kita di tahun 2020. Kalau kita tidak survive, tidak memperbaiki diri, tidak melakukan inovasi dan kreasi maka kita akan tertinggal. Jika kita bisa menjaga harmoni dengan baik, kondusifitas terjaga, maka lompatan sosial, ekonomi, dan budaya serta dilandasi ideologi yang kuat akan terjadi di Jawa Tengah," jelasnya.

"Pada tahun 2019 saja banyak perusahaan yang berpindah ke Jawa Tengah karena kondusifitas di sini baik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper