Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jateng Kirim Alat Berat Atasi Banjir Grobogan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan alat berat dikerahkan hari ini, Kamis (9/1/2019) untuk mengatasi jebolnya Bendungan Glapan, Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (mengenakan baju hitam) saat meninjau Bendungan Glapan Kabupaten Grobogan.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (mengenakan baju hitam) saat meninjau Bendungan Glapan Kabupaten Grobogan.

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan alat berat dikerahkan hari ini, Kamis (9/1/2019) untuk mengatasi jebolnya Bendungan Glapan, Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.

Adapun, jebolnya bendungan tersebut jadi penyebab utama beberapa daerah di Grobogan diterjang banjir sejak Rabu (8/1) sore.

"Alat berat datang hari ini untuk penanggulangan darurat," kata Ganjar melalui siaran pers yang diterima Bisnis.

Alat berat yang bakal dikirim Dinas PSDA dan Balai Besar Wilayah Sungai adalah excavator atau backhoe untuk pengerukan dan pemerataan tanggul jebol sebelum dibangun tanggul darurat. Serta beberapa truk untuk pengiriman material tanggul.

Untuk penanganan permanen, Ganjar menjelaskan telah dianggarkan sebesar Rp 80 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan tanggul bendungan dan sungai. 

"Kita terus koordinasi dengan Pemkab Grobogan, bahkan sampai dini hari. Balai Besar Wilayah Sungai tahun depan akan mengerjakan yang permanen," katanya. 

Banjir di Grobogan menerjang setidaknya tujuh kecamatan, yakni Penawangan, Karangrayung, Godong, Kedungjati, Tanggungharjo, Gubug, dan Tegowanu. Selain jebolnya bendungan Glapan, penyebab banjir dikarenakan meluapnya Sungai Tuntang yang membelah wilayah Grobogan. 

"Alhamdulillah pagi ini sudah surut. Untuk bantuan logistik masih bisa diatasi Pemkab Grobogan. Untuk menangani yang rumah-rumah rusak jika Pemkab anggarannya kurang Pemprov sudah siap mengucurkan," kata Ganjar. 

Meski banjir sudah berangsur surut, namun di sejumlah wilayah masih tergenang air. Di beberapa titik saat meninjau, Ganjar nampak ngobrol dengan warga. Titik pertama yang ditinjau Ganjar adalah posko bencana di kantor kecamatan Gubug, yang menyediakan bantuan logistik dan pemetaan banjir. Tinjauan Ganjar berlanjut ke desa Jeketro, Glapan dan Kwaron.

Bambang Sukotjo, Kepala Desa Glapan Kecamatan Gubug mengatakan bendungan tersebut jebol menjelang malam setelah diterjang hujan tanpa henti dari siang hari. Imbasnya ratusan rumah warganya tergenang dan sebagian bahkan ada yang roboh. 

"Kalau hari ini alat beratnya datang ya kami bersyukur. Alhamdulillah warga saling membantu, yang rumahnya roboh juga langsung mengungsi ke tetangga. Terimakasih Pemkab dan Pemprov langsung bergerak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper