Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segera Dioperasikan, Nasib Bandara Ngloram Tak Lagi Suram

Bandara Nglora di Blora segera dioperasikan. Pada Sabtu (11/1/2020), dilakukan pendaratan King Air 200GT.
Pesawat King Air 200 GT mendarat di Bandara Ngloram di Blora, Jawa Tengah, pada Sabtu (11/1/2020)./Istimewa
Pesawat King Air 200 GT mendarat di Bandara Ngloram di Blora, Jawa Tengah, pada Sabtu (11/1/2020)./Istimewa

Bisnis.com, BLORA – Mesin pesawat King Air 200GT terdengar meraung dari kejauhan. Cuaca mendung dan angin yang mendukung membuat pesawat jenis ATR itu mendarat mulus di Bandara Ngloram, Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (11/1/2020).

Ribuan masyarakat yang menanti sejak pagi begitu antusias menyaksikan momen langka yang dinantikan sejak 34 tahun silam.

Mereka bersorak, melambaikan tangan, serta mengabadikan momen itu menggunakan kamera handphone masing-masing saat pesawat berhasil mendarat pukul 16.30 WIB. Sejumlah anak-anak juga berteriak histeris karena senangnya melihat pesawat terbang melintas tepat di atas mereka.

"Senang sekali melihat pesawat mendarat di daerah kami. Ini baru pertama kali, jadi wajar kalau masyarakat antusias dan berbondong-bondong datang ke bandara untuk melihat," kata Murtini, 35 tahun, salah satu warga.

Murtini berharap bandara baru tersebut dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Selain itu, proses transportasi masyarakat semakin mudah.

"Sekarang sudah komplet di sini, mau bepergian pakai kereta bisa, bus bisa, mau naik pesawat juga ada. Bangga dan senang sekali rasanya," ujarnya.

Pendaratan King Air 200GT membuka sejarah baru penerbangan di bandara yang dibangun sejak 1980. Setelah tak lagi digunakan dan mangkrak, jalur lintasan bandara kemudian dimanfaatkan warga untuk menjemur padi. Namun kini, nasib Bandara Ngloram kini tak lagi suram.

Pembangunan kembali Bandara Ngloram merupakan hasil kerja sama Pemprov Jateng dan Pemkab Blora yang bersama-sama mengusulkan ke Kementerian Perhubungan. Pemprov Jateng juga menginisiasi pembangunan Bandara Jenderal Besar Sudirman di Purbalingga yang sama-sama ditargetkan selesai tahun ini.

Kini tersedia jalur lintasan pesawat di Bandara Ngloram sepanjang 1.200 meter. Pembangunan terminal penumpang dan fasilitas penunjang lainnya akan dikebut tahun ini. Nantinya Bandara Ngloram menjadi bandara komersial kebanggaan warga Blora.

"Saya berharap dengan adanya bandara ini, bisa membantu masyarakat di sini, untuk dapat terhubung lebih cepat," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B. Pramesti melalui siaran pers.

"Masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi, seperti terminal, lampu, navigasi, ATC dan lainnya. Mudah-mudahan akhir tahun sudah dapat dioperasikan untuk pesawat sejenis ATR72 secara terbatas," kata Dirjen mengenai fisik Bandara Ngloram.

Selain Ngloram, ada beberapa bandara lain yang sedang dikerjakan di Jawa Tengah dan ditargetkan selesai tahun ini di antaranya Bandara Dewandaru Karimunjawa dan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu sempat mengecek pembangunan Bandara Ngloram. Ganjar berharap keberadaan Bandara Ngloram dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Blora dan sekitarnya.

"Tahun 2020 bandara ini ditargetkan beroperasi. Semoga dengan adanya bandara ini, perekonomian masyarakat terdongkrak, pariwisatanya juga menggeliat. Akses moda transportasi umum masyarakat makin terbuka, apalagi bandara ini dari Stasiun Kapuan hanya 300 meter. Dekat sekali sehingga transportasi kereta dan bandara terintegrasi," ujar Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper