Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jateng Siapkan Asuransi untuk Lahan Puso Akibat Banjir

Distanbun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan asuransi usaha tani padi (AUTP) untuk 154 hektare lahan puso akibat cuaca ekstrem.
Dampak musim kemarau/Antara-Aditya Pradana Putra
Dampak musim kemarau/Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, SEMARANG -  Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan asuransi usaha tani padi (AUTP) untuk 154 hektare lahan puso akibat cuaca ekstrem.

Asuransi tanpa premi tersebut diberikan langsung ke petani senilai Rp6 juta per hektare.

Kepala Distanbun Pemprov Jateng, Suryo Banendro menuturkan bahwa kurun waktu Desember 2019 -Januari 2020, total keseluruhan lahan yang terendam air akibat cuaca ekstrem 5.722 hekatare, tersebar di 12 kabupaten. 154 hektare diantaranya mengalami puso.

"Untuk yang puso kita siapkan asuransi, itu Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Tahun 2020, dari APBD Provinsi 35.000 hektare, dan dari pusat ada 200.000 hektare. Untuk yang Provinsi itu tanpa premi, kita yang tanggung," ujarnya, Rabu (15/1/2020)

AUTP tersebut diperuntukkan untuk lahan puso. Sebab, lahan yang mengalami puso tidak lagi diharapkan untuk tumbuh kembali.

"Beda kalau banjir, masih bisa hidup. Atau tergenang tapi tidak keseluruhan ada batang yang muncul lebih tinggi dari air. Itu kemungkinan masih bisa tumbuh. Nah, asuransi ini untuk puso dan khusus untuk petani miskin. Sejauh ini ada 154 hektare yang diajukan asuransi karena puso," tambahnya.

Selain AUTP, pihaknya juga menyediakan pinjaman alat gratis untuk tanam. Diantaranya traktor, alat tanam mesin, pompa dan lain sebagainya.

"Puso yang mau tanam kita sediakan pinjaman alat gratis. Untuk benih lewat kabupaten karena penganggaran ada di kabupaten. Ini untuk percepatan tanam lagi," katanya. 

Dijelaskannya, AUTP tersebut diberikan kepada petani yang sudah terdaftar. Caranya melalui kelompok-kelompok tani resmi yang terdaftar di Kementan.

"Nanti, laporannya bisa lewat kelompok tani masing-masing. Kita akan cek, apa benar puso atau tidak. Klaim asuransi paling lama tiga bulan sudah cair. Itu sudah cepat," terangnya.

Sebenarnya, pihaknya juga sudah melakukan tindakan antisipatif berkait dengan menghadapi musim penghujan. 

"Kita sudah sosialisasi dan memberi warning terkait kondisi cuaca. Kita juga selalu kordinasi dengan pihak-pihak terkait," jelasnya.

Ditambahkannya, untuk lahan yang terdampak lain adalah tanaman bawang merah di Tegal dan Brebes dan jagung di Grobogan, Brebes, dan Tegal.

"Untuk saat ini dari total yang tergenang atau banjir, sudah ada yang surut sekitar 4.000 hektare. Kami sampai saat ini juga masih melakukan pantauan-pantauan," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper