Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Sakit Tanpa Dinding di Jateng, Begini Implementasinya

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah meluncurkan program rumah sakit tanpa dinding untuk memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat lebih luas.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo saat memberikan keterangan kepada wartawan.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Bisnis.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah meluncurkan program rumah sakit tanpa dinding untuk memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat lebih luas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan selama ini rumah sakit tanpa dinding lebih banyak dimainkan puskesmas, sehingga menjadikan pelayanan kesehatan belum banyak dirasakan masyarakat.

Oleh karena itu, dia mendorong peran rumah sakit lebih proaktif memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka pelayanan kesehatan lebih maksimal. Sebab, rumah sakit tidak hanya sekadar mengobati orang sakit, tapi juga bisa mencegah penyebaran penyakit. Baik penyakit menular atau penyakit tidak menular.

“Rumah sakit tanpa dinding itu arti kiasan bukan arti sebenarnya. Maksudnya tidak ada sekat-sekat, dan melakukan upaya kesehatan yang bersifat promotif preventif. Yaitu mencegah jangan sampai masyarakat itu sakit. Di rumah sakit itu kan tenaga ahlinya, sayang kalau hanya untuk mengobati saja,” kata Yulianto, Kamis (13/2/2020).

Dia menyebutkan, pemerintah akan fokus pada pengembangan tujuh rumah sakit milik pemprov terlebih dulu, barulah kemudian milik kabupaten/kota dan swasta.

Sementara itu, Ketua Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid mengatakan, secara prinsip program dari Pemprov Jateng harus didukung. Secara kelembagaan, DPRD sebagai mitra kerja Pemprov tidak mempermasalahkan program tersebut sepanjang bermanfaat buat masyarakat.

“Sekilas mendengar rumah sakit tanpa dinding membingungkan, namun setelah membaca dan memahami baru dimengerti bahwa program itu untuk mengembalikan fungsi pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucap politikus PKB itu.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip, Budiyono berharap pemerintah segera mengubah persepsi mengenai program rumah sakit tanpa dinding tersebut. Niat baik belum tentu diterima secara utuh oleh masyarakat.

“Polanya bagaimana, harus jelas. Jangan sampai bersifat politis,” katanya. (K28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper