Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP 1 Yogyakarta: Lima Tahun Bisa 20 Juta Penumpang

Angkasa Pura 1 Yogyakarta menargetkan dalam waktu lima tahun ke depan target 20 juta penumpang bisa terealisasi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Angkasa Pura 1 Yogyakarta menargetkan dalam waktu lima tahun ke depan target 20 juta penumpang bisa terealisasi.

Apalagi, mulai 29 Maret mendatang seluruh operasional penerbangan di Yogyakarta dialihkan ke Yogyakarta Internasional Airport atau YIA.

General Manager AP 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengungkapkan saat ini capaian paling tinggi untuk penumpang moda transportasi udara yang datang ke Yogyakarta masih 8,4 juta. Kondisi ini disebabkan oleh kapasitas Bandara Adisutjipto yang masih terbatas.

"Jumlah ini sebenarnya udah overload. Karena bandara yang ada sekarang hanya berkapasitas 1,2 juta," ungkap Pandu kepada Bisnis Kamis kemarin.

Kendati demikian, Pandu mengungkapkan untuk tahun pertama optimalisasi YIA, dia tak mau memasang target yang muluk-muluk. Pihaknya memproyeksikan dengan relokasi aktivitas kebandaraan pada tanggal 29 Maret, jumlah penumpang via YIA bisa berada di angka 10 juta - 12 juta.

"Nanti juga bakal didukung dengan promosi pariwisata. Karena salah satu potensi terbesar adalah pariwisata. Keberadaan YIA 8
memungkinkan adanya direct flight karena kapasitasnya besar," ungkapnya.

Data AP 1 Yogyakarta menunjukkan secara tren jumlah penumpang pesawat ke Yogyakarta menunjukkan kenaikan. Namun pada tahun 2019, karena adanya beberapa hal yang memberatkan maskapai.

"Makanya kami perlu dukungan dari beberapa banyak stakeholder," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper