Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

AP 1 Yogyakarta: Lima Tahun Bisa 20 Juta Penumpang

Angkasa Pura 1 Yogyakarta menargetkan dalam waktu lima tahun ke depan target 20 juta penumpang bisa terealisasi.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  12:30 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Angkasa Pura 1 Yogyakarta menargetkan dalam waktu lima tahun ke depan target 20 juta penumpang bisa terealisasi.

Apalagi, mulai 29 Maret mendatang seluruh operasional penerbangan di Yogyakarta dialihkan ke Yogyakarta Internasional Airport atau YIA.

General Manager AP 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengungkapkan saat ini capaian paling tinggi untuk penumpang moda transportasi udara yang datang ke Yogyakarta masih 8,4 juta. Kondisi ini disebabkan oleh kapasitas Bandara Adisutjipto yang masih terbatas.

"Jumlah ini sebenarnya udah overload. Karena bandara yang ada sekarang hanya berkapasitas 1,2 juta," ungkap Pandu kepada Bisnis Kamis kemarin.

Kendati demikian, Pandu mengungkapkan untuk tahun pertama optimalisasi YIA, dia tak mau memasang target yang muluk-muluk. Pihaknya memproyeksikan dengan relokasi aktivitas kebandaraan pada tanggal 29 Maret, jumlah penumpang via YIA bisa berada di angka 10 juta - 12 juta.

"Nanti juga bakal didukung dengan promosi pariwisata. Karena salah satu potensi terbesar adalah pariwisata. Keberadaan YIA 8
memungkinkan adanya direct flight karena kapasitasnya besar," ungkapnya.

Data AP 1 Yogyakarta menunjukkan secara tren jumlah penumpang pesawat ke Yogyakarta menunjukkan kenaikan. Namun pada tahun 2019, karena adanya beberapa hal yang memberatkan maskapai.

"Makanya kami perlu dukungan dari beberapa banyak stakeholder," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top