Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina MOR IV Salurkan Program Kemitraan Senilai Rp4,9 Miliar

Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Jepara merupakan wilayah dengan tingkat realisasi program kemitraan tertinggi.
UKM kerajinan tangan di Semarang salah satu penerima dana kemitraan Pertamina./Ist
UKM kerajinan tangan di Semarang salah satu penerima dana kemitraan Pertamina./Ist

Bisnis.com, SEMARANG - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV menyalurkan dana program kemitraan perdana pada tahun 2020 kepada puluhan mitra binaannya di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tujuan dari program kemitraan ini adalah untuk membantu serta meningkatkan kemampuan Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) untuk menjadi usaha yang tangguh dan mandiri. Pada periode Februari 2020 Pertamina MOR IV berhasil merealisasikan program kemitraan senilai Rp4,9 miliar.

Penyaluran ini merupakan penyaluran perdana dan penanda dimulainya penyaluran Program Kemitraan Pertamina MOR IV di tahun 2020.

Sebelumnya, telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian terkait program ini di beberapa wilayah asal mitra binaan di antaranya Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Jepara adapun wilayah lainnya dilakukan di Kantor Pertamina MOR IV.

Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Jepara merupakan wilayah dengan tingkat realisasi program kemitraan tertinggi pada periode penyaluran Februari 2020 ini, total penyaluran untuk kedua wilayah tersebut sebesar Rp2,16 miliar atau hampir menyentuh 50 persen dari total penyaluran Rp4,9 miliar.

Wahyu Wibowo merupakan salah satu penerima manfaat program kemitraan Pertamina MOR IV pada periode Februari 2020. Jenis usaha yang dimilikinya adalah perdagangan dan berhasil mendapat bantuan permodalan dari program ini senilai Rp100 juta

“Menurut saya program ini sangat bermanfaat bagi saya khususnya selaku UMKM untuk mengembangkan usaha yang dimilliki. Banyak keunggulan yang dapat saya terima diantaranya adalah pinjaman modal yang lunak dan pembinaan yang dilakukan oleh Pertamina,” terangnya.

Sementara itu, penerima manfaat program kemitraan lainnya Dian Anugerah Dewi mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dirinya mengikuti program kemitraan Pertamina adalah program pembinaan yang dilakukan oleh Pertamina kepada usaha yang dijalankannya.

“Program pembinaan yang ditawarkan menurut saya dapat mendukung usaha saya untuk terus maju dan berhasil. Saya salut melihat mitra binaan Pertamina ada dimana-mana dan aktif mengikuti pameran di berbagai wilayah di Jawa Tengah,” terang Dian yang memiliki usaha di bidang industri kain ecoprint.

Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR IV, Anna Yudhiastuti mengungkapkan bahwa program kemitraan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial BUMN kepada masyarakat.

"Pada periode Februari 2020 ini kami berhasil menyalurkan program kemitraan senilai Rp4,9 miliar untuk 64 Mitra Binaan di wilayah operasi Pertamina MOR IV di Jawa Tengah dan DIY. Program ini diharapkan mampu memberikan dampak baik terhadap keberlangsungan UMKM agar menjadi tangguh dan mandiri,” terang Anna melalui siaran persnya Jumat (28/2/2020).

Sebagai tambahan, pada 2019 beberapa pesantren di Kab. Boyolali berhasil menjadi mitra binaan melalui program kemitraan Pertamina. Sebagai keberlanjutan program, pada penyaluran saat ini kembali direalisasikan senilai Rp1,8 miliar untuk 18 mitra binaan yang masih berasal dari pesantren di Kab. Boyolali.

Selain berhasil memperoleh bantuan pinjaman permodalan lunak dari Pertamina, sejumlah pesantren tersebut bermigrasi untuk menggunakan LPG Non Subsidi 12 Kg, setelah sebelumnya menggunakan LPG Subsidi 3 Kg untuk kebutuhan sehari-harinya. Sebagai dampaknya LPG Subsidi 3 kg di wilayah tersebut dapat tersalurkan sesuai peruntukannya.

Dasar dari pelaksanaan Program Kemitraan ini adalah Peraturan Menteri BUMN No. PER-02/MBU/ 2017 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina. (K28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper