Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasien Pengawasan Corona di Bantul Meninggal

PDP adalah pasien yang menunjukkan gejala terinfeksi virus Corona.
Tenaga medis memegang termometer. Ilustrasi./Bloomberg-Francesca Volpi
Tenaga medis memegang termometer. Ilustrasi./Bloomberg-Francesca Volpi

Bisnis.com, BANTUL — Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) karena virus Corona (Covid 19) meninggal dunia dalam isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul.

“Ada yang meninggal satu [orang] kemarin di RSUD Panembahan Senopati Bantul, tetapi laporan belum lengkap, hasil laboratorium juga belum ada,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul Tri Wahyu Joko Santoso, Kamis (19/3/2020) malam.

Menurut dia, hasil pemeriksaan sampel dari Kementerian Kesehatan belum keluar. PDP adalah pasien yang menunjukkan gejala terinfeksi virus Corona. Pasien dengan kategori PDP perlu mendapatkan pengawasan dari tenaga medis karena mendapatkan pengobatan. Kategori PDP beda dengan orang dalam pemantauan (ODP)

ODP adalah orang yang memiliki riwayat sempat bepergian ke negara yang telah terinfeksi virus Corona atau melakukan kontak dengan orang terinfeksi Corona. Namun, ia belum menunjukkan adanya gejala-gejala telah terinfeksi virus. Meskipun tanpa menunjukkan gejala, orang dalam kategori ODP harus mendapatkan pemantauan dari instansi kesehatan setempat.

Kepala Bagian Hukum Pemasaran dan Kemitraan RSUS Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih mengtakan pasien yang meninggal tersebut berjenis kelamin laki-laki usia 73 tahun dan tercatat sebagai warga Purworejo, Jawa Tengah.

Menurut dia pasien tersebut dirujuk dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Saat dibawa ke RSUD Panembahan Senopati, pasien tersebut dalam kondisi tidak bagus. “Meninggal kemarin Rabu [18/3/2020] sore pukul 17.20 WIB,” kata Siti.

Ia juga mengatakan hasil pemeriksaan laboratorium terhadap pasien tersebut belum keluar.

Sementara itu, pasien yang dinyatakan positif Covid-19, kata Siti, sampai Kamis malam masih dalam perawatan di rumah sakit setempat. Pasien tersebut berasal dari luar DIY. “Laki-laki usia 50 tahun,” kata Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ujang Hasanudin
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper