Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DAMPAK COVID 19: Pemkab Sukoharjo Relaksasi Pungutan Pajak Hotel & Restoran

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo memberikan relaksasi fiskal berupa pembebasan pajak hotel & restoran selama dua bulan mendatang.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Kabupaten Sukoharjo memberikan relaksasi fiskal berupa pembebasan pajak hotel & restoran selama dua bulan mendatang.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan kondisi penyebaran virus corona atau COVID-19 yang terus meluas turut berdampak pada usaha di sektor perhotelan & restoran. Relaksasi fiskal yang diberikan pemerintah diharapkan ikut meringankan beban para pelaku usaha.

“Kami menyadari apa dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh wabah COVID-19 ini. Karena itu, salah satu kebijakan yang kami ambil adalah pembebasan pajak selama dua bulan ke depan,” ujar Wardoyo sebagaimana dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng), Selasa (7/4/2020).

Wardoyo menambahkan kebijakan ini akan berlaku tergantung dengan status darurat penanganan COVID-19. Namun jika ke depan, ada perpanjangan status darurat nasional, pihaknya akan merevisi ketentuan mengenai relaksasi fiskal tersebut.

Selain soal pajak hotel dan restoran, Wardoyo juga sempat menyinggung terkait pajak air. Pajak air menurutnya bukan kewenangan pemerintah kabupaten, tetapai merupakan kewenangan dari pemerintah provinsi.

"Silakan untuk yang (pajak) air, komunikasi sama Pemprov Jateng. Kalau di Pemkab relaksasi pajak tadi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper