Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TKI Malaysia akan Dikarantina di Gedung eks STIE Bank Jateng

Gedung eks STIE Bank Jateng yang ada di depan Pasar Johar Semarang telah selesai direnovasi. Nantinya, gedung tersebut akan digunakan sebagai tempat karantina Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jateng yang baru saja pulang dari Malaysia.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek renovasi gedung eks STIE Bank Jateng, Sabtu (18/4/2020). Foto: Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek renovasi gedung eks STIE Bank Jateng, Sabtu (18/4/2020). Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Gedung eks STIE Bank Jateng yang ada di depan Pasar Johar Semarang telah selesai direnovasi. Nantinya, gedung tersebut akan digunakan sebagai tempat karantina Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jateng yang baru saja pulang dari Malaysia.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atikoh Ganjar Pranowo menyempatkan menengok tempat karantina itu. Satu persatu sarana prasana yang telah disiapkan ia tinjau, termasuk tempat tidur, ruang dokter, APD hingga toilet.

"Alhamdulillah setelah dikebut, pembangunan tempat karantina di STIE Bank Jateng ini sudah selesai. Ada 10 kamar yang disiapkan, ruang dokter, gudang obat dan lainnya. Sehingga, mulai hari ini sudah bisa ditempati," kata Ganjar, Sabtu (18/4/2020).

Nantinya lanjut dia, gedung itu akan digunakan untuk mengkarantina saudara-saudara TKI asal Malaysia yang akan pulang ke Jateng. Dikabarkan, ada 9 orang TKI yang akan pulang, dimana sebelumnya mereka telah dikarantina di Sumatera Utara.

"Nanti kami jemput dan menempatkan mereka di sini untuk menjalani masa isolasi. Mudah-mudahan mereka sehat semuanya, namun ini bagian dari kita untuk mengontrol dan cara kita berhati-hati demi menjaga kesehatan semuanya," tegasnya.

Meskipun dibangun dadakan, namun Ganjar meminta agar aspek keamanan dan kenyamanan tetap diperhatikan. Ia meminta agar standar protokol kesehatan wabah covid-19 benar-benar dilaksanakan dengan baik.

"Makanya dibuat sekat-sekat perkamar satu orang, dengan bangunan dari kaca agar mudah dibersihkan. Saya juga minta Dinkes menyiapkan protokol kesehatan sedetil mungkin, termasuk manajemen limbahnya. Karena kalau tidak dikelola dengan baik, ini bisa berbahaya," tegasnya.

Ganjar menerangkan, tidak hanya untuk para TKI yang akan pulang, nantinya gedung itu dapat dijadikan tempat karantina bagi siapa saja. Apalagi, di gedung tersebut masih banyak ruangan kosong yang dapat dimanfaatkan.

"Ini bisa dipakai siapapun dan menjadi salah satu tempat yang kami siapkan. Kami sudah menyiapkan banyak tempat, termasuk di sini, di hotel-hotel milik kami termasuk hotel Kesambi, Balai Diklat bahkan kalau diperlukan ada asrama haji di Solo. Semua sudah kami siapkan, agar banyak alternatifnya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk mengcover semua permasalahan yang muncul, meskipun kita sama-sama berharap itu tidak terjadi," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Umum Bank Jateng, Heri Nunggal menambahkan, saat ini STIE Bank Jateng sudah siap untuk mengkarantina para TKI. Di tempat itu, telah dibangunkan 10 kamar isolasi untuk pasien lengkap dengan ruang dokter, ruang obat, tempat olahraga dan lainnya.

"Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa dibuat, karena gedung ini cukup luas sehingga bisa menampung banyak. Nanti kami akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan apabila diperlukan penambahan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper