Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi 34 Dokter dan Paramedis di RS Kariadi Terinfeksi Corona

Hingga saat ini total sudah ada 57 pegawai RSUP dr Kariadi Semarang yang telah terinfeksi virus corona.
Ilustrasi./Antara-M. Risyal Hidayat
Ilustrasi./Antara-M. Risyal Hidayat

Bisnis.com, SEMARANG – Direktur Utama (Dirut) RS Kariadi Semarang, dr Agus Suryanto, akhirnya buka suara terkait puluhan dokter di rumah sakitnya yang positif terjangkit Covid-19.

Dalam video yang disebarkan kepada awak media, Agus menuturkan kronologi para dokter RS Kariadi Semarang tertular virus corona. Agus menyebutkan puluhan dokter dan tenaga medis RS Kariadi Semarang diketahui positif Covid-19 melalui tes swab yang digelar Selasa (14/4/2020).

Ada 34 orang yang dinyatakan positif dalam tes itu. Mereka terdiri dari 6 dokter spesialis, 24 peserta pendidikan dokter spesialis (PPDS), dua tenaga fisioterapi, 1 perawat, dan 1 tenaga administrasi.

“Jadi bukan 40 [pegawai RSUP Kariadi] seperti yang diberitakan, tapi 34. Jumlah 40 yang diisolasi itu [di Hotel Kesambi Hijau], termasuk anggota keluarganya,” terang Agus dalam rekaman video yang diterima JIBI, Jumat (17/4/2020).

Agus mengungkapkan berdasarkan penelusuran, penyebab banyaknya dokter positif terinfeksi Covid-19 itu karena lamanya proses identifikasi pasien di RS Kariadi Semarang.

Awalnya, ada pasien yang tidak masuk kategori Covid-19. Kemudian, si pasien dirawat oleh satu kelompok bedah saraf. Belakangan diketahui pasien itu positif terinfeksi virus corona.

“Jadi ada pasien bedah saraf, anak, kebetulan juga pulang paksa. Ternyata, orang tuanya yang pemeriksaan di tempat lain, dari daerah yang terjangkit, dinyatakan positif. Jadi identifikasinya terlambat,” sambung Agus.

Selain di kelompok bedah saraf, penularan juga terjadi di kelompok dokter kandungan di RS Kariadi Semarang yang merawat seorang ibu hamil positif Covid-19. Pasien itu sempat menjalani operasi hingga menularkan virus corona kepada tenaga medis yang menangani.

Isolasi Mandiri

Setelah dilakukan tracing dan swab, para dokter itu sebenarnya sudah diminta melakukan isolasi mandiri. Tetapi ada beberapa dokter yang tidak melakukan instruksi dengan baik.

“Namun, ada beberapa dokter yang melakukan isolasi tidak baik. Sehingga menularkan ke rekan sejawatnya,” timpal Agus.

Agus mengatakan tenaga medis di RS Kariadi Semarang yang positif terpapar Covid-19 paling banyak dari kelompok bedah. Total ada empat dokter spesialis bedah yang dinyatakan positif dan 15 PPDS bedah saraf.

Sementara itu, hingga saat ini total sudah ada 57 pegawai RSUP dr Kariadi Semarang yang telah terinfeksi virus corona. Dari jumlah sebanyak itu, sembilan orang dinyatakan sembuh, dan dua orang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper