Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi BBM di Jawa Tengah Diperkirakan Turun 40 Persen

Perkiraan konsumsi rataan harian saat Ramadhan dan Idul Fitri untuk BBM jenis gasoline hanya berkisar di angka 9.800 KL atau turun hampir 40 persen tahun ini.
Petugas Pertamina Delivery Service (PDS) untuk pembelian produk BBM, LPG dan Pelumas./Istimewa - Pertamina
Petugas Pertamina Delivery Service (PDS) untuk pembelian produk BBM, LPG dan Pelumas./Istimewa - Pertamina

Bisnis.com, SEMARANG - Pertamina Marketing Operation Region IV mengaktifkan satgas Ramadhan Idul Fitri 1441 H yang telah dimulai pada awal Mei 2020 kemarin sebagai upaya monitoring situasi penyaluran BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Pjs. General Manager Pertamina MOR IV, Teuku Johan Miftah, mengatakan satgas rafico (Ramadhan-Idul Fitri-Covid) kali ini sedikit berbeda karena situasi pandemi covid-19 mempengaruhi penyaluran BBM dan LPG Pertamina.

"Dibandingkan tahun sebelumnya, konsumsi BBM dan LPG Pertamina di wilayah MOR IV tahun 2020 jauh menurun. Pada tahun 2019, realisasi penyaluran BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite dan Pertamax Series) meningkat 26 persen dari rataan harian normal 12.000 Kiloliter menjadi 15.000 KL. Namun, pada tahun ini perkiraan rataan harian saat Ramadhan dan Idul Fitri untuk BBM jenis gasoline hanya berkisar di angka 9.800 KL atau turun hampir 40 persen," ujar Johan.

Adanya larangan mudik karena situasi pandemi covid-19, membuat Pertamina di wilayah MOR IV juga tidak membuka titik-titik SPBU modular di jalur tol trans Jawa untuk tahun 2020 ini.

"Meskipun tidak membuka layanan SPBU modular seperti tahun lalu, namun kami tetap menyiapkan 3 (tiga) unit Pertashop yang akan digunakan di jalur tol trans Jawa jika dibutuhkan atau dalam keadaan darurat. Pertashop tersebut memiliki kapasitas masing-masing sebesar 3.000 liter dan dapat ditambah kapasitasnya dengan menggunakan mobil tangki," ungkap Johan.

Untuk stok BBM itu sendiri saat ini Pertamina di wilayah MOR IV mencatat ketahanan stok yang cukup dan dapat secara optimal melayani kebutuhan BBM masyarakat.

Terkait LPG, Pertamina di wilayah MOR IV memprediksi peningkatan konsumsi sebesar 2 persen selama Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri nanti.

"Rata-rata harian normal penyaluran LPG saat ini di angka 4.030 MT (Metric Ton) dan akan naik menjadi 4.095 MT. Jika dibandingkan tahun lalu kenaikan secara prosentase memang berkurang dimana kenaikan pada tahun lalu sebesar 6 persen," tambah Johan.

Untuk wilayah Jawa Tengah, Pertamina memiliki lebih dari 40.000 pangkalan LPG PSO dan outlet Non PSO. Sebagai upaya antisipasi jika terjadi lonjakan maka Pertamina telah menyiagakan pangkalan PSO dan outlet non PSO tersebut untuk melayani kebutuhan LPG masyarakat. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper