Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Letusan Kawah Oro-oro Kesongo Blora Telan 17 Kerbau

Lumpur terdorong dari bumi dengan ketinggian mencapai 40 meter lebih menimbun daerah sekitar.
Ilustrasi lumpur semburan.
Ilustrasi lumpur semburan.

Bisnis.com, SEMARANG - Kawah Oro-oro Kesongo di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, meletus, Kamis (27/8/2020). Empat warga dilaporkan keracunan gas dan 17 kerbau tertelan lumpur, dan satu ekor kerbau selamat.

Letusan kawah di kawasan padang rumput di wilayah Perhutani KPH Randublatung Kesongo sejak Kamis pagi dinilai cukup besar. Situs berita Suarabaru.id melaporkan letusan kawah lumpur diawali suara gemuruh tanah bergetar.

Lazimnya warga setempat memang menggembalakan ternak di sekitar pusat letusan yang berada di hamparan tanah lapang berumput tersebut. Ada rawa tempat biasa ternak minum di dekat pusat semburan. Saat kejadian sejumlah kerbau sudah mendekati rawa.

Alhasil ketika lumpur terdorong dari bumi dengan ketinggian mencapai 40 meter lebih menimbun daerah sekitar. Termasuk kerbau yang berada tak jauh dari lokasi letusan.

Video yang beredar menunjukkan letusan lumpur berulang. Tinggi dan luasan luapan lumpur tergambar jelas. Warga sempat juga menyelamatkan seekor kerbau yang tertimbun lumpur.

Warga menarik dan menopang agar kerbau bisa berdiri, membersihkan lumpur di mata, hidung dan mulut hewan berkulit hitam. Mereka membawa ember berisi air guna memudahkan menghilangkan lumpur dari hewan yang selamat dari maut tersebut.

Sejauh ini belum diketahui detail luasan dampak letusan, Kamis pagi tersebut. Namun demikian, kejadian ini menyebabkan empat warga pingsan. Tidak ada korban jiwa manusia dampak semburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : suarabaru.id dan youtube

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper