Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gedung Isolasi Covid-19 Kebumen Diresmikan

Selain soal Covid, Ganjar meminta pengelola RS PKU Muhammadiyah Gombong juga fokus pada penyakit lain semisal TBC dan lainnya.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendampingi Menko PMK, Muhadjir Effendy saat meresmikan gedung isolasi covid di Kebumen./Ist
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendampingi Menko PMK, Muhadjir Effendy saat meresmikan gedung isolasi covid di Kebumen./Ist

Bisnis.com, KEBUMEN - Penanganan Covid-19 di Jawa Tengah bagian selatan dipastikan akan semakin baik karena didukung gedung isolasi Covid-19 Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong yang resmi beroperasi, Selasa (3/11/2020).

Peresmian gedung isolasi Covid-19 terpadu itu dilakukan langsung oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy dan Menkes Terawan Agus Putranto. Hadir pula dalam acara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati Kebumen dan jajaran forkompimda.

Ganjar sendiri senang dengan langkah RS PKU Muhammadiyah Gombong membuat gedung khusus yang digunakan untuk penanganan Covid-19. Dengan begitu, maka pelayanan kesehatan khususnya Covid-19 di wilayah selatan Jawa Tengah bisa lebih optimal.

"Mudah-mudahan ini bisa memberikan fasilitas untuk masyarakat wilayah selatan. Tidak hanya untuk Covid-19, tapi juga penyakit lain. Tentu ini sangat membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid," katanya.

Selama ini, penanganan pasien Covid-19 di Jawa Tengah bagian selatan memang masih mengandalkan RSUD Margono. Selain itu, ada pula rumah sakit di Cilacap dan lainnya.

"Meskipun sudah ada sarana prasarananya, namun Kebumen ini unik, karena diantara Purwokerto dan Purworejo. Maka memang pilihannya kalau tidak ke Purwokerto ya ke Yogyakarta. Mudah-mudahan dengan semakin banyak fasilitas kesehatan ini, semua bisa saling suport dan membantu pemerintah dalam peningkatan layanan kesehatan," ucapnya.

Selain soal Covid, Ganjar meminta pengelola RS PKU Muhammadiyah Gombong juga fokus pada penyakit lain semisal TBC dan lainnya. Ia juga berpesan agar penanganan stunting bisa ditangani.

"TBC dan stunting ini masih menjadi PR kita yang masih belum selesai sampai saat ini. Jadi mudah-mudahan ini juga bisa menjadi prioritas," pungkasnya.

Sementara itu, Menkes Terawan Agus Putranto mengapresiasi pembangunan gedung khusus isolasi Covid-19 di RS PKU Muhammadiyah Gombong. Selain itu, ia juga mengapresiasi peresmian instalasi radioterapi dan kemoterapi serta instalasi hemodialisa di tempat itu.

"Tidak hanya untuk Covid-19, di masa mendatang fasilitas ini bisa digunakan untuk pelayanan penyakit lain, seperti TBC dan lainnya," ucapnya.

Hal senada disampaikan Menko PMK, Muhadjir Effendy. Ia mengatakan, kebutuhan fasilitas kesehatan di masyarakat khususnya selama pandemi Covid-19 ini masih cukup tinggi.

"Semoga RS PKU Muhammadiyah Gombong bisa menjadi bagian dalam membantu pemerintah untuk penanganan Covid-19 ini," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper