Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adaptasi Kebiasaan Baru, Hotel Tentrem Adopsi Teknologi Ultraviolet

Potensi sinar UV-C untuk mensterilkan permukaan dan udara sudah terakui, sehingga banyak diterapkan di rumah sakit dan Laboratorium Kesehatan untuk mensterilkan alat medis.
Teknologi ultraviolet di Hotel Tentrem./Ist
Teknologi ultraviolet di Hotel Tentrem./Ist

Bisnis.com, SEMARANG - Hotel Tentrem Yogyakarta dan Hotel Tentrem Semarang mengadopsi teknologi ultraviolet untuk mensterilkan udara sehingga terbebas dari virus dan bakteri sebagai bagian bisnis pada era adaptasi kebiasaan baru.

Ultraviolet yang digunakan adalah jenis sinar UV-C. Sinar radiasi UV-C dipercaya dapat mengubah struktur materi genetik virus dan mencegahnya berkembang di dalam tubuh. Potensi sinar UV-C untuk mensterilkan permukaan dan udara sudah terakui, sehingga banyak diterapkan di rumah sakit dan Laboratorium Kesehatan untuk mensterilkan alat medis.

“Penerapan teknologi UV-C di Hotel Tentrem adalah dengan menempatkannya pada saluran udara dan tidak terekspos langsung pada makhluk hidup. Lampu UV diletakkan pada unit penanganan udara dan diatur sedemikian rupa sehingga pendaran sinarnya tidak terinteraksi dengan makhluk hidup,” ujar Irwan Hidayat, Direktur Utama PT Hotel Candi Baru, owning company dari Tentrem Hotel Group melalui siaran pers yang diterima Bisnis Kamis (5/11/2020).

Akibatnya, udara yang dikeluarkan dari semua unit AC, bebas dari bakteri dan virus. Dari bulan September 2020, teknologi UV-C Light dipasang di Hotel Tentrem Yogyakarta dan Hotel Tentrem Semarang, yakni di area kamar dan area publik yaitu lobby, restoran, spa dan fitness.

Dia menambahkan, sebanyak 336 unit UVC Light terpasang di Hotel Tentrem Semarang dan 416 unit UVC Light terpasang di Hotel Tentrem Yogyakarta.

"Investasi pemasangan teknologi ultraviolet ini menelan biaya yang cukup tinggi yakni sebesar Rp39 miliar. Lampu ini dapat digunakan hingga 15.000 jam untuk kemudian diganti dengan yang baru," katanya.

Menurutnya, kenyamanan dan keselamatan dan ketentraman tamu dan karyawan merupakan prioritas utama Hotel Tentrem Group.

"Kami berharap, tamu tetap dapat menikmati saat-saat yang menentramkan selama berada di Hotel Tentrem Yogyakarta dan Hotel Tentrem Semarang, khususnya saat perubahan situasi saat ini," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper