Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Berisiko Corona di Kudus Diperiksa Massal

Pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penularan virus corona hanya diprioritaskan pada warga yang punya riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus di Provinsi Jawa Tengah melakukan pemeriksaan kesehatan massal pada kelompok warga yang rentan tertular Covid-19 dalam upaya menekan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit tersebut.

"Kelompok rentan tersebut meliputi (warga) lansia, (orang dengan) obesitas, serta orang dengan penyakit bawaan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Abdul Aziz Achyar di Kudus, Minggu (15/11/2020).

Penyakit bawaan yang dia maksud di antaranya hipertensi, diabetes melitus, dan penyakit jantung.

Pemeriksaan kesehatan massal antara lain sudah dilakukan pada 25 orang yang tergolong rentan tertular Covid-19 di Puskesmas Gebog.

Abdul menjelaskan bahwa selama ini pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penularan virus corona hanya diprioritaskan pada warga yang punya riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19.

Cakupan pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus penyebab Covid-19, menurut dia, kemudian diperluas ke kelompok rentan karena angka kematian akibat infeksi virus corona di Kabupaten Kudus mencapai 12,4 persen dan lebih dari 90 persen kematian terjadi pada kelompok rentan.

"Dengan persentase kematian yang mencapai 12,4 persen, maka Kudus berada di urutan lima di Jateng sehingga harus bekerja keras untuk menurunkannya," ujarnya.

Selain memperluas cakupan pemeriksaan, Pemerintah Kabupaten Kudus juga memantau kondisi kesehatan warga dalam kelompok rentan tertular virus corona dengan melibatkan petugas puskesmas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper