Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semua Pemudik dan Pendatang di Solo Bakal Dicek Kesehatan

Warga dari luar kota masih dapat melintas, singgah, atau menghadiri undangan di Kota Solo. Tetapi mereka juga harus menjalani pengecekan kesehatan.
Kondisi bangunan Benteng Vastenburg dari sisi barat di Jl. Jenderal Sudirman, Solo, Selasa (1/12/2020)./JIBI-Nicolous Irawan
Kondisi bangunan Benteng Vastenburg dari sisi barat di Jl. Jenderal Sudirman, Solo, Selasa (1/12/2020)./JIBI-Nicolous Irawan

Bisnis.com, SOLO – Pemkot Solo memperketat kedatangan warga dari luar kota untuk mengantisipasi persebaran Covid-19 di akhir tahun. Warga dari luar kota yang tidak memiliki tujuan penting untuk datang ke Solo akan dikarantina.

Pemkot Solo sudah menyiapkan rumah karantina di Benteng Vastenburg. Teknisnya, pemudik yang tiba di terminal, stasiun, atau bandara akan ditanya ke mana tujuannya. Hal itu berlaku bagi semua orang, termasuk yang sudah membawa surat kesehatan yang masih berlaku.

Mereka akan menjalani pengecekan kesehatan kemudian ditanya apa tujuan datang ke Solo. Jika hanya untuk berlibur, mereka akan diberi dua alternatif, yakni kembali ke daerah asalnya atau dikarantina di Benteng Vastenburg. Kalaupun pemudik itu lolos sampai ke kampungnya, maka Jogo Tonggo yang akan melapor.

Meski demikian, warga dari luar kota masih dapat melintas, singgah, atau menghadiri undangan di Kota Solo. Tetapi mereka juga harus menjalani pengecekan kesehatan.

Nantinya akan ada petugas yang disiagakan menjaring pendatang di Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Jebres, dan Terminal Tirtonadi.

Pemudik atau pendatang akan dijemput dengan bus khusus untuk diantar ke posko Covid-19 24 jam yang didirikan Pemkot Solo.

Selanjutya petugas kesehatan akan melakukan screening, cek suhu tubuh, kondisi kesehatan, dan sebagainya. Warga yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat Celcius akan menjalani observasi ole petugas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, Senin (7/12/2020), mengatakan teknis karantina bagi pendatang dan pemudik itu yakni pemudik tiba di terminal, stasiun, atau bandara wilayah Solo akan ditanya ke mana tujuannya.

Hal itu, ungkap dia, berlaku bagi semua orang, termasuk yang membawa surat kesehatan yang masih berlaku.

"Mereka akan dicek kesehatannya kemudian ditanya tujuan datang ke Solo. Jika hanya untuk berlibur, mereka akan diminta kembali ke daerah asalnya atau karantina di Benteng Vastenburg," ungkap Ahyani yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Solo.

Pemudik atau pendatang yang tidak ada kepentingan mendesak nantinya akan dikarantina terlebih dahulu.

“Kan kami memiliki beberapa lokasi karantina. Nah yang untuk pemudik di Benteng Vastenburg. Kami akan evaluasi lagi yang seperti apa pendataannya. Kalau mereka mudik dan sifatnya penting sekali bisa atau boleh. Tapi di luar itu, katakan misalnya hanya karena ingin berkerumun pasti ditolak atau dikarantina," jelasnya.

Adapun lokasi karantina berada di Benteng Vastenburg. Masa karantina yang diberlakukan adalah 14 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler