Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Dimulai Hari Ini, Bupati Sri Mulyani Siap Disuntik

Ratusan vaksinator dan nakes tersebar di berbagai pelayanan kesehatan.
Tim Vaksinasi Covid-19./Dok. Satgas Covid-19
Tim Vaksinasi Covid-19./Dok. Satgas Covid-19

Bisnis.com, KLATEN – Sebanyak 305 petugas vaksinasi disiapkan untuk melakukan vaksin Covid-19 di Klaten. Vaksinasi akan dimulai pada hari ini, Senin (25/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan ratusan vaksinator dan nakes tersebar di berbagai pelayanan kesehatan mulai dari rumah sakit, puskesmas, hingga klinik milik pemerintah maupun swasta.

"Pelatihan sudah diberikan. Tidak hanya masalah teknis penyuntikan. Mereka sudah dilatih input data agar prosesnya juga bisa cepat," kata Cahyono saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (24/1/2021).

Sementara itu, vaksin Covid-19 yang sudah diterima mulai didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan mulai Minggu (24/1/2021).

Pengambilan vaksin itu dimulai pada Minggu (24/1/2021) siang seperti dari RSD Bagas Waras Klaten, RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSU Islam Klaten, serta beberapa puskesmas.

Sebelumnya, 12.040 dosis vaksin tiba di gudang farmasi Dinkes Klaten, Kecamatan Klaten Utara dengan pengawalan polisi bersenjata lengkap.

“Jadwal vaksinasi dimulai besok [Senin (25/1/2021)]. Sesuai petunjuk, kami upayakan pada Kamis [28/1/2021] itu selesai,” kata Cahyono.

Cahyono menuturkan, vaksinasi Covid-19 diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di Klaten. Ada 6.779 nakes di Klaten.

 “Ini satu episode dulu. Tentu, nanti akan dilanjutkan untuk berikutnya. Namun, kami belum sampai ke berapa banyak yang akan dilakukan vaksinasi pada tahap kedua,” kata Cahyono.

Salah satu petugas RSD Bagas Waras Klaten, Yosi, menjelaskan ada 10 petugas vaksinasi yang disiapkan. Ditargetkan ada 300-an pegawai yang mendapatkan vaksinasi.

Meskipun tak terlalu waswas selama hampir 11 bulan berjibaku menangani pasien Covid-19, vaksinisasi setidaknya membuat para nakes semakin merasa terlindungi.

“Sebenarnya kami santai saja [menangani kasus Covid-19]. Sudah menjadi bagian dari tugas, sehingga otomatis. Namun, paling tidak dengan vaksinasi ini kami merasa terlindungi,” tutur dia.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyatakan Dinkes sudah menyiapkan proses vaksinasi. Disinggung kesiapannya, Mulyani menyatakan siap menjadi orang pertama di Klaten yang menjalani vaksinasi.

 “Kalau saya ya siap lah. Semua demi kesehatan bersama,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper