Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Batang Raih Investasi Rp9 Triliun, Tertinggi di Jateng

Dari nilai total investasi tersebut ada sebanyak 64 investasi baru dari Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) dan satu Penanam Modal Asing (PMA).
Pembangunan Kawasan Industri Batang di Ketanggan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah./Antara/Harviyan Perdana Putra
Pembangunan Kawasan Industri Batang di Ketanggan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah./Antara/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, BATANG - Kabupaten Batang menempati peringkat pertama investasi di Jawa Tengah dengan nilai investasi mencapai Rp9 triliun.

Angka tersebut berdasar dari data realisasi laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) oleh perusahaan yang tercatat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Batang.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Batang Sri Purwaningsih mengatakan dari nilai total investasi tersebut ada sebanyak 64 investasi baru dari Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) dan satu Penanam Modal Asing (PMA). Kondisi ini mampu menyerap tenaga kerja laki-laki sebanyak 891 orang dan perempuan sebanyak 67 orang.

Dia pun merinci sejak tahun 2017 sampai dengan 2020, total tenaga kerja yang terserap sudah mencapai 11.930 orang, yakni tahun 2017 sebanyak 934 tenaga kerja, 2018 terserap 7.286 orang, 2019 terserap 1.554 orang dan 2020 mampu menyerap tenaga kerja 2.156 orang.

“Ini artinya, visi misi Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Batang Suyono yang membuka lapangan kerja 10.000 sudah terlampaui sebelum masa periode 2017-2022 berakhir,” ujarnya, Senin (22/2/2021).

Menurutnya, keberhasilan investasi, menurutnya, dipicu dengan adanya situasi yang kondusif, perizinan yang transparan dan akuntabel yang sesuai perundang-undangan sehingga mampu menciptakan iklim investasi yang nyaman bagi investor.

“Tidak hanya itu, Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang berada di Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, yang kini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo jadi Proyek Strategis Nasional (PSN),” ujarnya.

Kendati demikian, diakuinya pandemi Covid-19 sempat membuat investasi lesu. “Memang pada awal pandemi Covid-19 investasi di Batang agak terganggu. Tapi setelah adanya kebijakan Pemerintah Pusat dengan adaptasi kebiasaan baru ada kenaikan investasi, hingga Desember 2020 nilainya capai Rp9 triliun,” ungkap dia.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyatakan sudah ada tiga perusahaan besar yang positif investasi di KIT Batang yakni LG, KCC Glass, dan Wavin dengan nilai investasi mencapai Rp100 triliun.

“Selain KIT, Pemkab Batang juga menyiapkan kawasan industri yang berada di Kecamatan Tulis yaitu Desa Sigayung, Kenconorejo, Semboja, Wringingintung dan Desa Simbangjati dengan luasan lahan mencapai 815,77 hektare,” katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper