Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kala Jantung Kota Semarang Terendam Banjir Setelah Hujan Deras

Di media sosial pagi ini, Rabu (24/2/2021), warganet ramai membahas banjir di Ibu Kota Jawa Tengah itu, termasuk di pusat kotanya yakni kawasan Simpang Lima.
Genangan air di areaSimpangLima Semarang akibat hujan derasyang mengguyur Kota Semarang sejak siang, Selasa (23/2/2021)/Bisnis.com-Alif Nazzala Rizqi
Genangan air di areaSimpangLima Semarang akibat hujan derasyang mengguyur Kota Semarang sejak siang, Selasa (23/2/2021)/Bisnis.com-Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, JAKARTA - Banjir yang terjadi di sejumlah ruas protokol Kota Semarang, Jawa Tengah, masih menjadi salah satu topik utama pembahasan warganet di media sosial.

Kota Semarang masih muncul sebagai topik yang menjadi tren di Twitter pagi ini, Rabu (24/2/2021). Di media sosial tersebut, warganet ramai membahas banjir di Ibu Kota Jawa Tengah itu, termasuk di pusat kotanya yakni kawasan Simpang Lima.

Berdasarkan pantauan Bisnis, hujan deras mengguyur Kota Semarang sejak kemarin siang, Selasa (23/2/2021) menyebabkan banjir di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Semarang. 

Ruas jalan yang terendam di antaranya Jalan Pemuda, Piere Tendean, Sam Poo Kong/ Jalan Simongan, Jalan Gajah Raya dan Genuk. Selain itu di kawasan Simpang Lima Kota Semarang, Jalan Hasanudin, Madukoro Raya, Jalan Citarum.

Alhasil, lalu lintas tersendat karena air menggenang menahan laju kendaraan. Kondisi itu menyebabkan kendaraan roda dua yang nekat menerjang banjir mengalami mogok. 

Selain itu, sejumlah area di kantor pemerintahan juga terkena genangan air. Area parkir di halaman Kantor Balaikota Semarang dan Pemprov Jateng juga tergenang air setinggi paha orang dewasa.  Terlihat beberapa motor yang parkir di belakang kantor Gubernur Jateng tergenang air setinggi dua kendaraan.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit mengatakan, kondisi di jalan Simpang Lima Kota Semarang tergenang air setinggi 30 - 50 cm membuat arus lalu lintas tersendat. 

"Kami melaporkan dari Jalan Simpang Lima Semarang lalu lintas tersendat karena debit air setinggi 30-50 cm. Untuk jalan Pahlawan menuju ke Polda, dan Jalan Pandanaran menuju Simpang Lima tersendat Sementara," ucapnya. 

Terpisah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah mencatat, genangan air dengan ketinggian 20 – 75 centimeter terjadi di Kota Semarang.

“Data yang ada di kami ada 21 lokasi genangan,” jelas Plt. Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa Tengah, Safrudin, Selasa (23/2/2021). 

Kepada Bisnis, Safrudin mengungkapkan bahwa ketinggian genangan air bervariasi. Sebagian besar berkisar 20 – 30 centimeter. Namun, di beberapa titik, ketinggian genangan bisa mencapai 50 hingga 75 centimeter. Di Jalan Ariloka, Kelurahan Krobokan, misalnya, ketinggian air berkisar 25 – 75 centimeter.

Simpang Lima Semarang Banjir
Simpang Lima Semarang Banjir

Area Simpang Lima Semarang kebanjiran setelah hujan deras mengguyur Kota Semarang sejak siang, Selasa (23/2/2021) - Bisnis.com/Alif Nazzala Rizqi

Berdasarkan data BPBD Kota Semarang, 21 titik genangan air tersebut adalah:

  1. Jalan Ariloka, Kelurahan Krobokan, ketinggan 25 – 75 centimeter
  2. Jalan Raya Kaligawe, depan Rumah Sakit Islam Sultan Agung, ketinggian 25 – 50 cm
  3. Jalan Yos Sudarno, Kelurahan Kemijen, ketinggian 20 – 40 centimeter
  4. Jalan Raya Simongan, Kelurahan Bongsari, ketinggian 30 – 40 centimeter
  5. Jalan Pemuda, ketinggian 40 – 50 centimeter
  6. Jalan Imam Bonjol, ketinggian 50 cm
  7. Kelurahan Mlatiharjo RT 1 - 4 RW 1, ketinggian 30 cm
  8. Jalan Citarum Selatan, Kelurahan Bugangan, ketinggian 30 s.d 50 cm
  9. Jalan Tambak Dalam, ketinggian 20- 40 cm.
  10. Jalan Mpu Tantular, ketinggian 20- 30 Cm
  11. Cilosari Dalam RT 2 RW 6 Kelurahan Kemijen, ketinggian 10 - 25 cm.
  12. Simpang Lima, ketinggian 20- 50 Cm.
  13. Semarang Indah ketinggian 50 cm.
  14. Kecamatan lama Genuk Ketinggian.20 - 40 Cm.
  15. Jl.Muktiharjo Lor Ketinggian 10- 40 cm.
  16. Jl .Simpang Supriyadi Ketinggian 10- 25 Cm
  17. Jalan Gajah Ketinggian 20- 50 cm.
  18. Jalan Inspeksi, Kelurahan Jagalan, ketinggian 20- 50 cm.
  19. Jl Alteri Yos Sudarso depan Kawasan Cipta, ketinggian 20- 40 Cm.
  20. Kelurahan Dadapsari RW 3, ketinggian 50 cm.
  21. Kelurahan Pandean Lamper RT. 09 RW. 10, ketinggian 50 cm

Berdasarkan pemantauan Bisnis, hingga pukul 20.30 WIB, genangan masih terjadi di sebagian ruas Jalan K.H.Ahmad Dahlan. Genangan air mencapai ketinggian 5 - 10 centimeter. Genangan juga terjadi di sebagian ruas Jalan Ki Mangunsarkoro. Kendaraan bermotor, khususnya roda dua, banyak yang memilih untuk berbalik arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper